Published On: Sun, Jul 16th, 2017

Arvin Moazamigodarzi Juara Etape Ketiga Tour de Flores

Share This

Chairman TdF Primus Dorimulu bersama Bupati Nagekeo Elias Djo saat menyerangkan hadiah kepada pemenang 1, 2, 3 etape ke tiga Tour de Flores Mbay – Ende.

sergap.id, MBAY – Pada etape ketiga Tour de Flores (TdF) Ende – Mbay berjarak 83,3 kilometer dengan rute seremonial 9,2 kilometer, pembalap Iran bernomor punggung 121, Arvin Moazamigodarzi berhasil melewati garis finis terdepan. Arvin dari Pishgaman Cycling Team (Iran) total mencatat waktu 2 jam 5 menit 57 detik. Sebelumnya, pada etape pertama Larantuka-Maumere, Jumat (14/7), pembalap Australia, Drew Morey dari Terengganu Cycling Team (Malaysia) yang finis pertama. Sedangkan pada etape kedua Maumere-Ende, giliran pembalap sepeda Indonesia dari KFC Cycling Team yang naik podium satu. Start etape ketiga dilaksanakan pukul 09.30 WITA di Kantor Bupati Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (16/7). Terdapat 71 pembalap yang mengikuti etape ketiga. Lokasi finis berada di Lapangan Berdikari Mbay, Nagekeo. Pishgaman Cycling Team memang baru pertama mengikuti TdF. Menurut Arvin, ia dan timnya masih beradaptasi dalam dua etape terakhir. Ia bersyukur meraih hasil positif pada etape ketiga. “Kami akan berusaha tetap mempertahankan hasil ini,” kata Arvin kepada wartawan. Ditanya mengenai tim yang menjadi penantang terberat, Arvin menyebut Terengganu Cycling Team dan KFC Cycling Team. Pada etape ketiga, pembalap asal Inggris Daniel Whitehouse (Inggris) dari CCN Cycling Team (Laos) berada di posisi kedua dengan selisih 53 detik dari sang juara. Pembalap Spanyol Edgar Nieto Nohales dari 7 Eleven Cycling Team (Filipina) di tempat ketiga. Selisih waktu Edgar dengan Arvin sebanyak 1 menit detik. Sepanjang rute Ende-Mbay, terdapat satu titik sprint dan dua titik king of mountain (KOM). Sprint pertama berada di kilometer 28 di Nangapanda. KOM pertama di KM 51,5 di Bidoa Boatuwe dengan ketinggian 618 mdpl (kategori dua). KOM kedua di KM 70,2 di Kapela Lape berketinggian 521 mdpl (kategori empat). Arvin dan Whitehouse mengawali start peleton dengan cepat. Namun, sekitar 20 menit, keduanya mencoba tinggalkan peleton, bahkan sempat dengan selisih waktu 2 menit 20 detik. Titik sprint diraih Arvin, disusul Keisuke Aso (Jepang) dari Kinan Cycling Team (Jepang) Daniel Whitehouse. Arvin juga melahap tanjakan pertama, diikuti Edgar Nieto, Daniel Whitehouse, Keisuke Aso, pembalap Kenya Joseph Gichora Kamau dari Futuro Pro Cycling (Australia) dan Selamat Juangga (Indonesia) dari KFC Cycling Team (Indonesia). Aso terlempat keempat. Selanjutnya, pada KOM kedua, dikuasai Arvin, Nieto dan Whitehouse. Tiga nama terakhir cukup jauh meninggalkan pembalap lainnya. Di belakang mereka memang ada kelompok pengejar yang terdiri beberapa pembalap dan peleton. Usai melalui KOM kedua, jalanan yang menuju Mbay cukup menurun. Sekitar 4 kilometer sesi jalan masih dalam konstruksi pengaspalan dengan kondisi banyak bebatuan krikil. Di tempat itulah, Nieto mengalami satu kali pecah ban, tak berselang lama, Whitehouse pun demikian, bahkan hingga dua kali. Arvin cukup beruntung tidak bernasib sama. Ia melaju sendiri sampai garis finis.

Arvin Moazamigodarzi Juara Etape Ketiga Tour de Flores.

Saat ini, klasemen umum TdF 2017 masih dipegang pembalap Selandia Baru Nick Miller dari Futuro Pro Cycling Team (Australia) dengan total waktu 9 jam 40 menit 48 detik. Dengan begitu, Miller tetap berhak mengenakan PLN Yellow Jersey. Klasemen pembalap Indonesia terbaik (Mandiri White Jersey) dan pembalap ASEAN (BTN, PP Properti, Bank NTT Blue Jersey) terbaik juga tak beranjak dari Imam Arifin. Tak ada perubahan juga dalam klasemen sprint terbaik (BNI Green Jersey) dan raja tanjakan (BRI Polkadot Jersey). Green Jersey masih dikenakan Hyeongmin Choe (Korea Selatan) dari Geumsan Insan Cello dan BRI Polkadot Jersey disandang Keisuke Aso. (Sherif Goa/BS)

Penulis/Penerbit