Published On: Fri, Jun 28th, 2019

Bidan Harus Disipilin Bekerja, Karena Nyawa Pasien Sangat Tergantung Pada Bidan

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Ketua TP PKK Kabupaten Kupang Ny Damaris Masneno Mooy dan Ketua IBI NTT Ny Tabitha mengikuti kegiatan jalan santai HUT Harganas dan IBI, Jumat (28/6/19).

sergap.id, OELMASI – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-26 dan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 68 Tahun 2019 tingkat Kabupaten Kupang berlangsung sangat meriah pada Jumat, 28 Juni 2019.

Beragam kegiatan menghiasi dua acara tersebut, diantaranya gebyar jalan sehat, senam jantung sehat,  pemeriksaan kesehatan gratis hingga Donor Darah yang dipusatkan di Kantor Bupati Kupang.

Selain Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kupang Ny Damaris Masneno Mooy, Ketua IBI NTT Ny Tabitha, Asisten 1 Rima Salean, Asisten 3 Victoria Kanahebi, para pimpinan OPD dan staf Lingkup Pemkab Kupang, serta jajaran TNI dan Polri.

Dalam sambutannya, Jerry Manafe mengucapkan selamat ulang tahun Harganas dan IBI.

Menurut dia, acara hari ulang tahun kali ini dilaksanakan dengan penuh semangat, dan penuh antusiasme dalam semangat kebersamaan.

Karena itu dia berharap, semangat peringatan HUT tersebut mampu memberi semangat kepada para bidan untuk berkerja dengan penuh integritas, lebih Konsisten dan lebih berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kupang.

“Sehingga memberikan manfaat dan arti bagi kualitas kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Manafe mengatakan, para bidan harus disiplin dalam bekerja, karena nyawa pasien sangat tergantung pada bidan.

“Perlu kedisiplinan, tidak menunda waktu, dan konsisten. Sebagai contoh sederhana, sebelum jam kegiatan berlangsung pada pukul 07.00 pagi ini, saya sudah hadir 15 menit lebih awal, namun di lapangan panitia yang hadir jumlahnya masih sedikit.  Ini sederhana, namun sangat penting dan perlu konsistensi waktu,” tegasnya, kritis.

Petugas kesehatan, lanjut Manafe, perlu melakukan tindakan medis atau pelayanan kesehatan yang cepat dan tepat. Jika tidak, maka dapat berakibat fatal bagi pasien.

“Mari berkerja dengan sungguh, disiplin dan konsisten,” pintanya.

Terkait dengan Harganas ke 26, Manafe mengharapkan terbangunnya keluarga yang harmonis dan sejahtera di Kabupaten Kupang.

“Kedepan saya harapkan Momen Harganas seperti ini dapat dihadiri oleh keluarga-keluarga, baik itu ayah, ibu dan anak-anak. Moment ini sangat bermartabat untuk kita ikuti sebagai bagian dari kebersamaan dan keluarga sejahtera,” tutupnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Kupang Ny Damaris Masneno Mooy, menambahkan, peran bidan sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Ia berharap moment hari ulang tahun IBI ini mampu meningkatkan kinerja bidan melayani masyarakat, serta makin profesionalnya bidan dalam bekerja.

“Moment Harganas kali ini diharapkan menjadi moment kebersamaan dalam meningkatkan rasa kekeluargaan ditengah-tengah masyarakat,” ucapnya, singkat.

Harganas dan HUT IBI di Kabupaten Kupang, JUmat 28 Juni 2019.

Ketua IBI Kabupaten Kupang, Blandina Luang Kaly, menjelaskan, peringatan HUT IBI kali ini mengambil tema Bidan Melindungi Kesehatan Reproduksi Melalui Pemberdayaan dan Optimalisasi Pelayanan Kebidanan.

“Banyak suka dan duka yang dijalani, tetapi profesi Bidan siap mengabdi dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” tegasnya. (adv/hms)

Penulis/Penerbit

Silahkan Komentar Sesuai Topik Berita di Atas