Published On: Tue, Aug 6th, 2019

Budayakan Makan Ikan, TP PKK Kota Kupang Selenggarakan Lomba Masak

Lomba masak serba ikan di aula Rujab Wali Kota Kupang, Selasa (6/8/19).

sergap.id, KUPANG – Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Kupang terus mendorong masyarakat Kota Kupang, khususnya anak-anak, agar mau mengkonsumsi ikan.

Selain memiliki rasa enak dan disukai banyak orang, manfaat makan ikan juga baik untuk kesehatan tubuh.

Seperti jenis seafood lainnya, ikan termasuk dalam makanan yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3, namun rendah lemak jenuh.

Tak hanya kaya akan kandungan nutrisi yang menyehatkan, ikan juga bisa diolah menjadi berbagai makanan yang nikmat.

Karena itulah TP PKK Kota Kupang bersama Dinas Perikanan Kota Kupang mengadakan lomba masak yang diikuti TP PKK kecamatan di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Kupang, Selasa (6/8/19).

Lomba yang diikuti oleh 40 orang dan terbagi dalam 20 tim ini disaksikan langsung oleh Ketua TP PKK Kota Kupang, Hilda Manafe, serta para pimpinan OPD Kota Kupang, Para Camat, dan Para Lurah se Kota Kupang.

Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan Setda Kota Kupang, Yoseph Rera Beka, mengatakan, lomba tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan keinginan masyarakat dalam mengkonsumsi ikan selaras dengan upaya peningkatan konsumsi ikan nasional yang dikenal melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN).

Tujuannya adalah  meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan yang diharapkan dapat mendorong masyarakat menjadikan ikan sebagai menu utama dalam hidangan sehari-hari.

Kegiatan ini juga bertujuan menumbuhkan kreativitas para kader (PKK) dalam mengolah ikan guna menciptakan usaha kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga.

“Lomba ini tidak semata-mata untuk mencari yang terbaik atau siapa yang menang dan kalah, tetapi dapat menjadi salah satu wahana peningkatan wawasan, pengetahuan dan keterampilan para kader (PKK) untuk menjadi lebih terampil dalam mengelola masakan berbahan baku ikan,” tegas Rera Beka.

Wakil Ketua Pokja III TP PKK Kota Kupang, Olga S. Suta Lusi, dalam laporannya menyampaikan bahwa peningkatan konsumsi ikan nasional tidak hanya menjadi tugas dari Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai instansi teknis yang membidangi kelautan dan perikanan, namun juga menjadi tugas bersama pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Kata Lusi, upaya peningkatan konsumsi ikan terus dilakukan melalui kampanye GEMARIKAN demi peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan, serta menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan usaha kuliner.

Lomba masak serba ikan di aula Rujab Wali Kota Kupang, Selasa (6/8/19).

Ada tiga jenis makanan yang dilombakan dalam lomba bertajuk Ragam Menu Masakan Ikan Untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting dan Mencerdaskan Anak tersebut, yakni Menu ikan untuk keluarga dengan bahan baku Ikan Lele, Tenggiri atau Nila. Menu ikan untuk balita dan menu kudapan atau snack dengan bahan baku ikan unggulan di Kota Kupang. (hms/hms)

Penulis/Penerbit

Silahkan Komentar Sesuai Topik di Atas