Published On: Fri, Apr 19th, 2019

Bupati Nagekeo Temui Penyelenggara Pemilu di Desa dan Kecamatan

Share This
Tags

Bupati Nagekeo Temui Penyelenggara Pemilu di Desa dan Kecamatan, Kamis (18/4/19).

sergap.id, MBAY – Pasca Pilpres dan Pileg 2019, seluruh Kantor Camat mulai didatangi petugas penyelenggara Pemilu yang membawa kotak suara dari desa-desa.

Kegiatan di kantor camat tersebut dipantau langsung oleh Bupati Kabupaten Nagekeo, Johanes Don Bosco Do.

Kamis (18/4/19) kemarin, Bupati Don berkesempatan mengunjung 4 Kantor Kecamatan yang dimulai dari Kantor Camat Nangaroro.

Camat Nangaroro, Agapitus Bhia Ola, yang ditemui Bupati di ruang kerjanya, mengatakan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sedang menunggu pergerakan logistik dan hasil rekapitulasi dari KPPS.

“Mereka diberi waktu sampai dengan Pukul 24.00 hari ini,” katanya.

Hal ini terbukti setelah Bupati bertemu langsung para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 002 Bhondo, Desa Woewutu dan TPS 002 Pombo Desa Tonggo.

Para petugas tengah sibuk menyelesaikan administrasi yang diperlukan untuk segera di bawa ke Kantor Camat Nangaroro.

Sementara di TPS  yang terletak di ujung Timur Kecamatan Keo Tengah, yakni Dusun Ndetumali, Desa Kotodirumali, tampak tidak ada lagi aktivitas terkait Pemilu.

Salah seorang petugas mengatakan bahwa semua urusan di TPS baru saja selesai dan logistik sedang dalam perjalanan menuju Kantor Camat Keo Tengah.

Pukul 11.30 Wita Bupati Don tiba di Kantor Camat Keo Tengah, suasana masih lengang.

Dia pun menyusul Camat Keo Tengah, Laurentius Ndoa, yang baru saja pulang dari kantornya ke rumah pribadinya.

“Apa kabar? Bagaiamana suasana sampai dengan saat ini,” tanya bupati, ingin tahu kondisi terakhir.

Camat Lorens menjelaskan, belum ada satu TPS pun, kecuali TPS Ndetumali yang menginformasikan bahwa sudah rampungkan urusan administrasi.

“Kami  dalam posisi standby dan terus menunggu,”ujarnya.

Dari situ Bupati terus bergerak ke arah Barat.

Tiba di Maunori, Desa Mbaenuamuri, Bupati menyapa beberapa tokoh masyarakat dan bertemu langsung para petugas yang sedang tenggelam dalam pengisian aneka format di Kantor Desa Mbaenuamuri.

Charles Sina, tokoh muda asal Oka Desa Mbaenuamuri mengaku puas dengan penyelenggaraan Pemilu kali ini dan mengapresiasi kinerja penyelenggaranya.

“Tidak ada kejadian atau insiden apapun yang berlebihan, Pak Dokter (begitulah Bupati Don biasa disapa),” lapornya.

Mendaki jalan sepanjang Maunori – Boawae, tidak ditemukan adanya kerumunan massa yang mencolok. Kumpulan masyarakat sesekali tampak di pinggir jalan.

Dalam perjalanan menuju Kantor Camat Boawae, Bupati dua kali berhenti meraih tangan pemuda yang duduk berkelompok di bilangan Desa Raja Selatan dan Kelurahan Rega memperbincangkan hasil Pilpres dan Pileg.

Camat Boawae, Maria Dua, menerima kunjungan Bupati Nagekeo pukul 14.13 Wita.

Aula terlihat sudah terisi dengan kotak suara dari Desa Rigi dan dua TPS Kelurahan Nageoga. Sementara Bupati  berdiri memantau, kotak suara terus berdatangan dari berbagai desa dan kelurahan.

Bupati Nagekeo Temui Penyelenggara Pemilu di Desa dan Kecamatan , Kamis (18/4/19).

Ketua PPK Kecamatan Boawae, Bruno Sanda, menggambarkan bahwa pengumpulan kotak suara dari desa-desa dan kelurahan akan berakhir pada hari yang sama, pukul 24.00 Wita.

Lebih lanjut Ia menambahkan, “Kalau tidak ada rintangan, rencananya besok  (Rabu (19/4/19) akan dilanjutkan dengan Pleno.”

Singgah sebebtar di salah satu TPS di Kelurahan Ratongamobo, terakhir yang dipantau adalah Kecamatan Aesesa Selatan.

Di aula kantornya, Camat Aesesa Selatan, Ujang Salestinus Dekresano, menunjukkan kepada Bupati bahwa sampai dengan saat itu belum satupun TPS di wilayahnya yang  selesai menangani semua format.

“Mereka masih berusaha  selesaikan pengisian formulir dan format-format berita acara, Bapak,” lapornya.

Secara keseluruhan Bupati menyimpulkan bahwa suasana Pileg dan Pilpres yang digelar serentak oleh KPUD sampai dengan hari kedua tersebut aman dan terkendali.

@iklan

Hal senada dijelaskan oleh salah satu komisioner Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Nagekeo, Jo Nane Emanuel.

Melalui pesan Whatsapp Ia menyatakan bahwa sampai dengan selesai Perayaan Jumat Agung, Jumat (19 April 2019) sore, suasana sangat kondusif.

Juga melalui pesan whatsapp, Ketua KPUD Ngaekeo, Quirinus Eleuterius, menginformasikan  bahwa semua kotak suara telah berada di masing-masing kantor camat.  Selanjutnya  menunggu rekapitulasi yang akan digelar tanggal 22 April 2019 mendatang. (hms/sg)

Penulis/Penerbit

Silahkan Komentar Sesuai Topik di Atas