Published On: Mon, May 28th, 2018

Flotim Juara Umum Pesparani, Gubernur NTT: Mereka Berusaha Serius

Share This
Tags

Acara penutupan Pesparani Provinsi NTT, Minggu (27/5/18).

sergap. Id, KUPANG – Paduan Suara (PS) Kabupaten Flores Timur (Flotim) menjadi juara umum dalam lomba Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) tingkat Provinsi NTT yang dilangsungkan di Kupang 24-27 Mei 2018.

Flotim berhasil meraih kemenangan dan beberapa kategori Pesparani dan berhak membawa pulang piala bergilir Gubernur NTT.

Sementara PS anak dan PS campuran dewasa dimenangkan oleh Kota Kupang. Sedangkan PS gregorian dewasa diraih oleh Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Pengumuman pemenang disampaikan oleh tim juri yang diketuai oleh Prof Dr. Perry Rumengan dan anggota Andreas Sugeng, Drs. Agustinus, Heidris Donaldo Liha, Elias Djoka, Apoly Bala, Emanuel Weroh, P. Yustin Genohon, dan Maximus Saik pada acara penutupan Pesparani di GOR Oepoi, Kupang, Minggu (27/5/18).

Penutupan Pesparani diawali dengan Misa Kudus yang dipimpin oleh Uskup Denpasar, Mgr. Silvester San dan dihadiri oleh Uskup Kupang Mgr. Petrus Turang, puluhan Imam Katolik dari Keuskupan Agung Kupang, ratusan biarawan – biarawati, Gubernur NTT, Wakil Wali Kota Kupang, Forkopimda Kota Kupang, Forkopimda NTT, para peserta Pesparani dari 18 Kabupaten/Kota, serta sekitar 5000an umat.

Usai misa, acara dilanjutkan dengan seremoni penutupan yang dipimpin oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

“Kalau saya jadi juri, saya bingung mana yang jadi juara. Hal yang paling saya perhatikan adalah keseriusan. Mereka tampil dan berusaha secara serius. Artinya masyarakat serius membangun dirinya, keluarga, lingkungan, daerah dan bangsa ini. Hal penting lainnya adalah keberagaman. Menunjukan bahwa kemajemukan itu diperlukan. Kita harus bisa saling menerima satu sama lain,” kata Lebu Raya.

Acara penutupan Pesparani Provinsi NTT, Minggu (27/5/18).

“Membina iman umat harus tetap dilakukan. Yang berangkat ke Ambon adalah yang juara satu. Yang juara hari ini butuh waktu 4 bulan untuk mempersiapkan diri agar tampil di Ambon memukau dan menjadi juara membawa nama NTT. LKP3KD harus memoles kontingen yang akan ke Ambon. LP3KD harus berjuang memperbaiki yang kurang ini. Hal yang menarik di Pesparani ini adalah persatuan dan toleransi,” ujar Lebu Raya.

Keputusan Dewan Juri Pesparani Katolik Tingkat Provinsi NTT Nomor : 01/KPTS/DJ-PESPARANI/NTT/V/2018 tentang Penetapan pemenang lomba Pesparani Katolik tingkat Provinsi NTT tahun 2018:

  1. Juara 1 kategori Mazmur anak: Caludia Pratiwi Kumanireng asal Kabupaten Flores Timur.
  2. Juara 1 kategori Mazmur remaja: Bernadetha Yolinda Bataona asal Kabupaten Flores Timur.
  3. Juara 1 Kategori mazmur dewasa: Yasintha Marina Uduk asal Kabupaten Belu.
  4. Kota Kupang Juara 1 PS anak.
  5. Manggarai Barat juara 1 PS dewasa Gregorian
  6. Kota Kupang juara 1 kategori PS dewasa campuran.

PS asal Flotim, Kota Kupang dan Mabar akan mewakili NTT dalam Pesparani Nasional di Ambon pada Oktober 2018.  (fwl/fwl)

Penulis/Penerbit

Silahkan Komentar Sesuai Topik di Atas