Published On: Thu, Jan 24th, 2019

Kebebasan Ahok jadi Perhatian Dunia, Mulai dari ABC News hingga The New York Times

Share This
Tags

Basuki Tjahaja Purnama

sergap.id, JAKARTA – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bebas murni hari ini, Kamis (24/1/19), setelah menjalani hukuman di Mako Brimob.

Dan, ternyata bebasnya Ahok menjadi perhatian dunia. Media ternama Amerika Serikat, The New York Times, memberitakan bebasnya Ahok dalam artikel berjudul “Governor Convicted of Blasphemy Freed From Indonesian Prison”.

“Seorang politisi Kristen polarisasi yang komentar-komentar kampanyenya menyulut aksi-aksi protes yang terbesar di Indonesia yang mayoritas Muslim dalam beberapa tahun, bebas Kamis ini setelah menjalani hampir dua tahun penjara karena penistaan agama,” demikian ditulis New York Times mengawali artikelnya, Kamis (24/1/2019).

Sementara itu, media terkemuka Australia, ABC News mengangkat berita ini dalam judul “Is the release of former Jakarta governor Ahok a political liability or an asset for Joko Widodo? ”

Dalam artikelnya, media tersebut mengutip pernyataan Tim Lindsey, direktur Pusat Hukum Indonesia, Islam dan Masyarakat di University of Melbourne, Australia, yang menyatakan bahwa pembebasan Ahok terjadi di saat masa sensitif dalam politik Indonesia, hanya tiga bulan menjelang pemilihan presiden.

“Apa pun yang terjadi pada saat ini yang terhubung dengan politik agama atau Jokowi [Joko Widodo] akan berdampak,” ujarnya kepada ABC, Kamis (24/1/2019).

Ahok bebas juga muncul di Twitter #WelcomeBackBTP. Tagar ini populer ketiga di dunia setelah Middle Chiled dan #TheMaskedSinger baru kemudian #WelcomeBackBTP.

Tagar ini muncul tiga jam lalu. Tapi pengguna Twitter ramai merespon Ahok bebas.

Sampai pukul 12.13 WIB tadi, sudah ada 40,1 ribu tweet tentang #WelcombeBackBTP.

Tempo hari, Ahok sempat menulis surat untuk pendukungnya jelang hari kebabasannya.

Ia mengaku tak ingin disebut sebagai Ahok, tapi Basuki Tjahaja Purnama.

Ada juga yang membuat akronim BTP menjadi Basuki Transparan Profesional. Seperti ditulis adik Ahok, Fifi Lety Tjahaja Purnama di akun Instagramnya @fifiletytjahajapurnama.

Bebasnya Ahok turut ditanggapi politikus PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko.

Ia menggunggah cuitan di akun Twitter @budimandjatmiko.

“Utk Ahok yg bebas hari ini, aku mau nyanyi lagi “lagu kebangsaan”-ku di LP Cipinang dulu: “Born Free as free as the wind blows…as free as the grass grows..born free to follow your heart. Live free & beauty surrounds you..” (Matt Monro),” cuit Budiman Sudjatmiko.

Ahok kini sudah kembali ke keluarganya. BACA JUGA: Ahok Bebas, dari Mako Brimob Dijemput Putra Sulungnya

Ahok bersama keluarganya.

Kalapas Klas I Cipinang Andika Dwi Prasetya menyebut Ahok sebagai sosok langka yang jarang ia temui.

Selama menjalani masa penahanan di Rutan Mako Brimob, Ahok tak pernah sekalipun mengambil haknya seperti bebas bersyarat, cuti menjelang bebas, dan cuti bertemu keluarga. (lex/lex)

Penulis/Penerbit

Silahkan memberi komentar sesuai topik di atas. Terima Kasih!