Published On: Mon, Apr 10th, 2017

Nagekeo Jadi Tuan Rumah PEDA KTNA Ke XV

Share This
Topik

sergap.id, KUPANG – Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan  (KTNA) Provinsi NTT ke XV akan dilaksanakan di Mbay, ibukota Kabupaten Nagekeo tanggal 19 sampai 22 April 2017.

“Sebagai tuan rumah, persiapan sudah kami lakukan. Kami berharap semua peserta dari seluruh NTT bisa hadiri acara ini,” ujar Bupati Kabupaten Nagekeo, Elias Djo kepada sergap.id, Senin (10/4/17).

Menurut Elias, saat pembukaan acara PEDA nanti, pihaknya akan menampilkan musik dan tarian khas Nagekeo, yakni Dero. “Selain dero, masih banyak lagi. Pokoknya kita berikan yang terbaik untuk peserta Peda,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTT, Yohanis Tay Ruba, mengatakan, PEDA KTNA merupakan kelanjutan dari kegiatan yang telah dimulai sejak tahun 1971 di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

“PEDA bertujuan memotivasi petani dan nelayan agar lebih mencintai profesi mereka, sekaligus didorong agar lebih giat dan terampil mengembangkan usaha tani/nelayan yang ada,” ujar Yohanis, Senin (10/4/17) sore.

Kata Yohanis, PEDA Nagekeo akan diikuti oleh peserta dari seluruh kabupaten/kota di NTT. “Peserta yang sudah terdaftar sebanyak 618 orang. Kecuali dari Kabupaten Malaka yang sampai sekarang belum melapor. Setelah PEDA kita akan PENAS,” paparnya.

Pekan Nasional (PENAS) KTNA ke XV tahun ini akan dilaksanakan di Provinsi Aceh. “Peserta PENAS dari NTT yang sudah terdaftar sebanyak 483 orang. Tinggal Kabupaten Sabu Raijua dan Malaka yang belum melapor,” kata Yohanis. (CS)

Penulis/Penerbit: