Published On: Fri, May 31st, 2019

Operasi Ketupat Turangga 2019 Polres Belu, Deteksi Dini Hindari Ancaman Terorisme

Share This
Tags

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, S.I.K.,M.Si saat memimpin Latihan Operasi Ketupat Turangga 2019.

sergap.id, ATAMBUA – Jajaran Polres Belu terus melakukan pengamanan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah lewat Operasi Ketupat Turangga yang dimulai sejak tanggal 29 Mei hingga 10 Juni 2019.

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, S.I.K.,M.Si, mengatakan, Polri selaku penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, berkewajiban menciptakan situasi yang kondusif, jelang, selama, atau sesudah perayaan Idul Fitri.

Pengamanan Idul Fitri kali ini tentu diperlukan kesiapan kekuatan personil, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah dan mitra Kamtibmas lainnya.

Berkaitan dengan itu, pada Senin (27/5/19) kemarin, personil Polres Belu melaksanakan Latihan Pra Operasi (lat pra ops) di aula Wira Satya dengan tema “Melalui Bimtek Latihan Pra Operasi, Kita Tingkatkan Profesionalisme Polri Dalam Mengamankan Idul Fitri 1440 H”.

Lat Pra Ops ini dipimpin Kapolres Christian didampingi Wakapolres Belu Kompol I Ketut Perten, dihadiri para Kabag, Kasat, Perwira Staf, para Kapolsek dan Kapolsubektor, Waka Subden 2 Pelopor Brimob Atambua, serta anggota yang terlibat dalam pelaksanaan operasi.

Dalam sambutannya, AKBP Christian mengingatkan, dalam pengamanan Idul Fitri, para personil Polres Belu harus bisa melaksanakan tugasnya secara baik dan tidak menganggap sepele dengan operasi ini.

“Kita ketahui bersama setiap kali operasi Kepolisian dimulai dari lat pra ops. Ini dimaksudkan supaya rekan-rekan mengetahui apa yang harus di kerjakan nantinya. Saya minta kepada kita sekalian supaya operasi ini, jangan dianggap sebagai angin lalu,” tegasnya.

“Saya minta pertajamkan deteksi dininya untuk menghindari ancaman terorisme dan ancaman kamtibmas lainnya. Pos pelayanan dan Pos pengamanan segera didirikan seperti tahun-tahun kemarin sehingga operasi ini dapat berjalan dengan optimal,” pintanya.

Lat Pra Ops Ketupat ini juga diisi dengan arahan dari Wakapolres Belu yang meminta para Kasatgas Operasi untuk membuat rencana kegiatan yang jelas sasaran, target dan tindakannya, sehingga menuai hasil yang maksimal.

“Saya minta para Kasatgas berkordinasi dengan baik. Yang paling penting rencana kegiatan, pelaksanaan dan laporan hasilnya. Sebelum melaksanakan tugas, para perwira harus bisa mengarahkan anggota dengan baik sebelum turun ke lapangan, agar mereka bisa bekerja sesuai dengan tupoksinya. Mari Kita semangat melaksanakan tugas ini dalam rangka menciptakan kenyamanan dan suasana kondusif untuk saudara-saudara kita yang Muslim,” ujarnya.

@ADV

Latihan Pra Operasi ini juga berisi paparan dari para Kasatgas antara lain dari Kasat Intelkam, Kasat Lantas Polres Belu, Kasat Reskrim Polres Belu, Kasat Binmas Polres Belu, Kasat Sabhara Polres Belu dan Kasatres Narkoba Polres Belu.

Kegiatan Lat Pra ops di tandai dengan penyematan pita oleh Kapolres kepada dua perwakilan dari anggota Lantas dan Sabhara Polres Belu. (sel/sel)

Penulis/Penerbit

Silahkan Komentar Sesuai Topik Berita di Atas