Published On: Mon, Dec 17th, 2018

Pemkab Nagekeo Dapat 1 Bus Siap Antar Jemput Anak Sekolah Dalam Kota

Share This
Tags

Bupati Kabupaten Nagekeo, Drs. Elias Djo saat melihat langsung Bus Sekolah bantuan dari Kementerian Perhubungan RI, Senin (17/12/18).

sergap. Id, MBAY – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagekeo melalui Dinas Perhubungan mendapat bantuan satu (1) unit bus sekolah dari Kementerian Perhubungan.

Bus tersebut tiba di Kantor Bupati Nagekeo pada Senin (17/12/2018).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Nagekeo Alex Jata usai apel Senin pagi kepada SERGAP, mengatakan, bus tersebut bersumber dari dana Kementrian Perhubungan.

“Total Bus Sekolah ada 180 unit. Namun yang mendapatkan mobil tersebut hanya 117 kabupaten. Dan untuk NTT hanya 7 unit. Sementara khususnya di Flores hanya dua unit yakni Nagekeo dan satu unit lagi untuk kabupaten Ende,” papar Alex.

Dia menjelaskan, bantuan bus tersebut peruntukannya untuk anak sekolah. Sebab pada dasarnya siswa sekolah dasar hingga menengah pertama dan atas belum cukup umur untuk memperoleh Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Karena itu, dengan adanya bus sekolah ini bisa membantu atau meringan biaya angkut bagi orang tua siswa, serta dapat mengurangi resiko lakalantas pada anak sekolah yang selama ini sering terjadi di ibu kota kabupaten.

“Tarif baru kita buat dalam bentuk Perda. Contohnya Aeramo-Danga (selama ini) Rp lima ribu, nanti bus sekolah tarif Rp dua ribu. Dan uang itu untuk biaya operasional,” ujarnya.

Menurut Alex, tahun depan pihaknya akan mengajukan proposal lagi guna bisa mendapat tambahan bus sekolah dari Pemerintah Pusat.

“Kita ajukan lagi, mudah-mudahan pemerintahan pusat berkenan,” ujarnya.

Bupati Kabupaten Nagekeo, Drs. Elias Djo saat melihat langsung Bus Sekolah bantuan dari Kementerian Perhubungan RI, Senin (17/12/18).

Dengan jumlah yang lebih banyak, tambah Alex, maka akan berdampak luas, terutama terhadap angkutan anak sekolah hingga tingkat kecamatan. (Sherif Goa)

Penulis/Penerbit

Silahkan Komentar Sesuai Topik di Atas