Published On: Fri, Dec 14th, 2018

Pemprov NTT Selenggarakan Lomba Kebersihan Toilet Antar Sekolah

Share This
Tags

Asisten 1 Setda Provinsi NTT, Mikhael Fernandes saat mengadakan konferensi pers HUT NTT ke 60 di Gedung Sasando lantai 3, Kamis (13/12/18).

sergap.id, KUPANG – Pemerintah Provinsi (Pomprov) NTT akan menyelenggarakan lomba kebersihan toilet antara sekolah di tingkat SD hingga SMA.

Lomba ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi NTT yang ke 60 yang jatuh pada tanggal 20 Desember 2018.

“Gubernur maunya begitu (adanya lomba kebersihan toilet),” ujar Asisten 1 Setda Provinsi NTT, Mikhael Fernandes saat menggelar konferensi pers di Gedung Sasando lantai 3, Kamis (13/12/18).

Selain lomba kebersihan toilet, kata Fernandes, pemerintah juga akan mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai, bersih-bersih kantor di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, serta bersih pasar di seluruh NTT.

“Sekarang ini sudah membaik, tapi ada kantor yang kebersihannya belum maksimal. Puntung rokok dibuang sembarang, bau menyengat dari toilet, arsip yang tidak ditata secara baik. Ini yang akan kita perbaiki,” ucapnya.

Menurut Fernandes, masalah kebersihan di NTT kini menjadi masalah serius yang harus mendapat perhatian lebih dari semua lapisan masyarakat, termasuk pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

“Sampah di laut itu, 60 persennya berasal dari darat. Kondisi ini mengancam kehidupan laut. Karena itu kita harus hentikan buang sampah sembarang,” kata Fernandes.

Fernandes bercerita, belum lama ini ia dan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat berkunjung ke Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarat Barat. Disana ia melihat pantai dipenuhi sampah.

“Bahkan pantainya tercium bau sampah. Kondisi ini sangat mengganggu kunjungan wisata. Karena itu, kita akan bersih-bersih pada tanggal 14 Desember (2018) besok,” ucapnya. (bb/bb)

Penulis/Penerbit

Silahkan Komentar Sesuai Topik Berita di Atas