Published On: Fri, Mar 22nd, 2019

Penggalan Kisah Hidup Raldy Doy, Calon Anggota DPD RI Dapil NTT

Share This
Tags

Raldy Doy foto bersama Ahok.

sergap.id, PROFIL – Raldy Doy, begitulah Ir. Bernadus Yohannes Raldy Doy, M.Si biasa disapa.

Anak sulung dari 5 bersaudara buah hati mantan Anggota DPR RI, Willy P. Doy dan Fransiska Romana Badilangoe – Keraf ini, kini maju sebagai Calon Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Provinsi NTT dengan nomor urut 28.

Raldy melewati masa kecil sampai dewasa sebagai anak pelaku LSM bersama cerita  dan kesaksian hidup tentang perjuangan membangun pertanian di Flores melalui Yayasan Ikatan Petani Pancasila (IPP), SPMA Boawae.

Ia mengalami langsung sebagai anak, bagaimana karya dan kerja LSM di Era Orde Baru dengan segala cerita indah dan pahitnya.

Kedua orangtuanya menjalani hari tuanya sebagai anggota Mariege and Counter (ME) dan beberapa kegiatan Gereja. Kombinasi kegiatan politik LSM dan rohani orang tuanya itu membentuk pertumbuhannya dalam menjalani hidup.

Raldy menyelesaikan pendidikannya di SDK Ende 2, SMPK Ndao, SMAK Syuradikara Ende, dan melanjutkan kuliah di Fakultas Teknik Geologi UPN Yogyakarta dan Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada.

Selama kuliah, ia sempat menjadi ketua Senat Mahasiwa Teknik Geologi UPN Yogyakarta.

Selain aktif di kampus, ia juga aktif di Fokusmaker dan menjadi Ketua Fokusmaker Yogyakarta.

Semasa kuliah, Raldy aktif menulis di media kampus dan sejumlah Media Nasional seperti Koran Republika dan Suara Karya.

Raldy kemudian menyelesaikan pendidikan S2  Komunikasi pada pasca sarjana UI Depok tahun 2007, dengan Thesis “Kasus Smack Down pada TV Nasional”.

Ia mengawali kerja sebagai Geolog muda di Sulawesi Tengah untuk mengexplorasi sumberdaya mineral.

Selanjutnya ia berpindah profesi sebagai Manager HRD Taman Buah Mekarsari dari tahun 1995 sd 1998, lalu menjadi Kepala Devisi Pengembangan Wisata sampai dengan 2001.

Selama menjadi karyawan Taman Buah Mekarsari, Raldy aktif di Asosiasi Wisata Agro Indonesia (AWAI) sebagai Sekjen.

Romantisme saat kuliah dan gejolak dalam diri untuk menjadi insan media membawanya masuk ke dalam dinamika industri televisi.

Diawali sebagai Asisten Manager HRD Lativi dari tahun 2001 sampai 2004, ia dipromosikan menjadi Manager Public Relation Lativi pada tahun 2004 hingga 2007.

Tahun 2008, Raldy bergabung dengan tvOne  sebagai Corporate Communication sampai saat ini.

Selama berkarya di tvOne, Raldy ikut menggawangi kegiatan Sosial Satu Untuk Negeri sebagai Koordinator Tanggap Darurat dengan tugas membantu Masyarakat yang tertimpa musibah di daerah – daerah seperti Jebolnya Waduk Situ Gintung, Gempa Sumatera Barat, Banjir Bandang Wasior, Gempa Jawa Barat, Merapi Yogyakarta dan lainnya.

Kegiatan ini meliputi mobilisasi bantuan saat tanggap darurat unutk masyarakat yang tertimpa bencana dengan memenuhi kebutuhan dasar mereka, seperti sembako, obat-obatan dan lain – lain serta dukungan pembangunan Pasca Tanggap Darurat yakni tahap Recovery dengan membangunFasilitas Umum, yakni ; Fasilitas Kesehatan, pendidikan, dan Ibadah, dimana sebagai coordinator harus turun dan terlibat langsung.

Ia juga menjadi Presenter sebuah program unik yang menggabungkan hiburan, berita dan obrolan inspiratif, yakni program Radio Road Show.

Menjadi Presenter TV merupakan pengalaman berharga dalam berkomunikasi dan membangun perhatian Publik, apalagi untuk sebuah Program “Live”.

Raldy Doy bersama kru tvOne lainnya sedang mewawancarai Presiden Jokowi.

Selain berprofesi sebagai pekerja TV, Raldy juga sering menjadi Dosen Penguji mewakili profesional di Sekolah Tinggi Komunikasi London School, serta sebagai Nara Sumber dan pembicara di beberapa kampus, seperti di Universitas Gajah Mada, Universitas Islam Bandung, dan Jurusan Komunikasi UPN Yogyakarta.

Bersama teman teman alumni Lembaga Pendidikan Bunda Hati Kudus Ndao, Raldy membentuk Ikatan Alumni Ndao (ILUNDA) dan dipercayakan mejadi ketua ILUNDA Pusat. Salah satu kegiatannya adalah reuni akbar pertama  Lembaga Pendidikan Ndao sejak berdiri pada dekade 1930-an, sekaligus   membangun Laboratorium Multimedia standar International di sekolah ini pada September 2012.

Raldy juga menjadi pengurus Ikatan Alumni Syuradikara (IAS) sekaligus ketua panitia pengadaan Laboratorium Multimedia Syuradikara pada pesta Intan September 2013.

Saat ini, Raldy menjadi ketua Forum Tanah Air Abadi (FORADI), organisasi yang bergerak dalam kegiatan pemikiran dan aktivitas Sosial.

Raldy Doy bersama keluarganya.

Raldy menikah dengan Ir. Rap Pinta Sari Sihite sebagai pilihan Tuhan dan dikaruniai empat titipan Tuhan, yakni Nike Doy, Alsa Doy, Rachel Doy dan Abraham Doy.

Saat ini Raldy sekeluarga tinggal di Cikunir Bekasi. (adv/sg)

Penulis/Penerbit

Silahkan Komentar Sesuai Topik di Atas