Published On: Tue, Nov 5th, 2019

Pesan Lukas Mere untuk ASN Nagekeo, Bertolaklah Ke Tempat Yang Lebih Dalam

Sertijab Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Nagekeo, Selasa (5/11/19).

sergap.id, MBAY – Menjadi pelayan dan mengutamakan kepentingan rakyat adalah hal utama yang harus dilakukan setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam bekerja. Tak terkecuali Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nagekeo, Lukas Mere.

“Banyak kekurangan yang ada pada saya, tetapi dengan kekurangan itu membuat saya bangkit dan terus bekerja bagi masyarakat,” ujar Lukas dalam acara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Dinas (Kadis) Perikanan dan Kelautan Kabupaten Nagekeo dari dirinya kepada Meka Meo Melkhior di Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Nagekeo, Selasa (5/11/19).

Sertijab ini dihadiri oleh Asisten II Setda Kabupaten Nagekeo, Bernadinus Fansiena, mewakili Bupati Nagekeo, Yohanes Don Bosco Do, yang berhalangan hadir.

Sebelum dilantik menjadi Sekda pada Selasa (22/10/19 lalu, Lukas Mere merupakan Kadis Perikanan dan Kelautan Nagekeo.

“Empat tahun lalu saya dilantik menjadi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan,” ucapnya.

Lukas mengucapkan terima kasih kepada semua ASN di lingkup Dinas Perikanan dan Kelautan yang selama ini telah bekerjasama melayani masyarakat, terutama kepada para nelayan.

“Saat saya dilantik menjadi Kepala Dinas empat tahun lalu, jumlah nelayan di Nagekeo hanya 700 orang. Dan, waktu itu, jumlah alat tangkap dan kapal belum memadai. Akan tetapi, itu bukan kendala bagi saya, karena prinsip saya, kita harus memulai dengan apa yang ada,” katanya.

Menurut Lukas, dalam bekerja, dirinya memiliki motto yang dikutip dari Kitab Perjanjian Baru, yakni “Bertolaklah Ke Tempat Yang Lebih Dalam”.

Kutipan tersebut merupakan kisah Yesus bersama Petrus di Danau Genesaret yang mengandung pesan kerendahan hati untuk menjadi taat, keberanian untuk mengatasi keterbatasan diri, dan kerelaan untuk berbagi berkat dengan sesama.

“Ini merupakan kata Yesus yang sampai hari ini dan sampai kapan pun akan menjadi dasar pijak dalam tugas pelayanan saya,” tegas Lukas.

Menurut dia, Nagekeo memiliki sumber daya laut yang sangat kaya.

Karena itu, dia berharap, ke depan Meka Meo Melkhior dapat bekerja lebih keras agar ekonomi nelayan makin membaik.

“Kita harus buat pemetaan, karena hasil laut kita cukup banyak. Saya ambil contoh dari sektor Perikanan saja, kita sudah banyak berkontibusi bagi sumber pendapatan daerah. Masih banyak kekurangan yang belum saya kerjakan. Untuk itu, saya berharap pak Melki (Meka Meo Melkhior) bisa melakukan terobosan serta inovasi, agar Dinas Perikanan dan Kelautan bisa menjadi yang terbaik,”ucapnya, berharap.

@adv Pemkab Nagekeo

Di tempat yang sama, dalam sambutannya, Plt Kadis Perikanan dan Kelautan Nagekeo, Meo Meka Melkhior, mengatakan, “Bagi saya, Pak Lukas sudah banyak berjasa untuk dinas ini. Saya ambil contoh di pantai selatan Nagekeo, dulunya banyak yang menjadi petani. Begitu pak Lukas di lantik jadi Kadis, dengan cara dan pendekatan yang humanis, sekarang ini sudah banyak yang alih profesi dari petani menjadi nelayan. Ini yang saya harus banyak belajar dari pak Lukas”.

Melkhior berjanji akan bekerja maksimal demi kesejahteraan nelayan dan daerah.

“Saya pingin nelayan kita di Nagekeo ini hidup sejahterah,” ucapnya.

Namun, kata Melkhior, nelayan di Nagekeo butuh pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) tentang penangkapan ikan yang profesional.

“Dengan dana yang ada, saya ingin datangkan ahli penangkapan untuk memberi bimtek dan pelatihan bagi  nelayan. Ini semua bisa berjalan tergantung SDM ASN yang ada di dinas ini.  Dinas perikanan ini masih tipe C,  karena itu kedepan kita harus lebih profesional dalam pelayanan, agar pada saat evaluasi, dinas ini bisa naik kelas menjadi tipe B,” kata Melkhior memberi pesan kepada semua ASN di Dinas Perikanan dan Kelautan Nagekeo.

“Bagi saya, berbuat yang terbaik untuk mereka yang membutuhkan, itu sama dengan doa. Tugas kita adalah pelayan, dan saya siap melanjutkan program yang sudah ada. Yang belum berhasil kita sama- sama berusaha untuk menjadi yang lebih baik,” tegasnya.

Asisten II Setda Kabupaten Nagekeo, Bernadinus Fansiena, menjelaskan,  semakin tinggi jabatan, semakin banyak tantangan yang akan dihadapi.

“Karena itu, serah terima jabatan ini merupakan titik puncak bagi kita sebagai ASN. Butuh kerja ekstra, agar dinas ini menjadi lebih profesional dalam payanan kepada publik. Sektor perikanan adalah salah satu sub sektor yang memberikan kontribusi kepada pendapatan nasional,” pesan Bernadinus kepada Melkhior.

Sertijab Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Nagekeo, Selasa (5/11/19).

“Kebutuhan nutrisi saat ini sangat tinggi, terutama dari sektor perikanan. Untuk mendukung itu semua , maka dibutuhkan kerjasama yang nyata dalam membangun daerah kita. Tanpa kerjasama yang baik, apa yang kita harapkan akan menjadi sirna,” pungkasnya. (sg/sg)

Penulis/Penerbit

Silahkan Komentar Sesuai Topik Berita di Atas