Published On: Fri, Jun 28th, 2019

Prajurit Kostrad Hiasi Rumahnya Dengan Bunga Matahari, Indah Menyejukan

Share This
Tags

Pratu Gunawan sedang menyiram Bunga Mataharinya.

sergap.id, NGAWI – Bunga Matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran yang memiliki fungsi ganda. Selain bisa dijadikan tanaman hias di sekitar rumah, bunga ini juga mampu menyembuhkan sejumlah penyakit.

Tanaman yang memiliki nama latin helianthus annus ini awalnya ditemukan di Amerika Utara.

Dengan warna kuning cerah dan bentuk yang menyerupai matahari, bunga ini punya manfaat yang didapat dari kandungan minyak dari bijinya.

Department of Health and Human Service Amerika, mengatakan, sumber lemak yang ada di dalam minyak bunga matahari bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan tetap seimbang.

Karena pada dasarnya, sebagian besar minyak bunga matahari mengandung lemak tak jenuh dan merupakan asupan padat nutrisi.

Minyak bunga matahari umumnya diproses dari esktrak biji bunga matahari. Minyak ini biasanya digunakan sebagai obat untuk sembelit atau untuk bahan masakan tertentu.

Selain itu, minyak bunga matahari juga bisa digunakan sebagai obat yang efektif untuk mencegah diabetes, serta ampuh terhadap masalah jerawat.

Penggunaan minyak ini bisa dioleskan secara langsung pada kulit.

Karena manfaat itulah, Pratu Gunawan, prajurit Armed 12/Divif-2/Kostrad termotivasi membudidayakan Bunga Matahari di sekitar tempat tinggalnya.

Menurut dia, menanam dan memelihara Bunga Matahari sangatlah mudah.

“Perawatannya tidak susah, hanya siram pada pagi dan sore hari, serta sesekali saya kasih pupuk kandang,” ujar Pratu Gunawan, Selasa, 25 Juni 2019 pagi.

Karena itulah, setiap pagi sebelum berdinas, Pratus Gunawan tampak menyempatkan diri memanjakan tanamannya dengan siraman air, serta membersihkan daun-daun Bunga Matahari yang mulai mengering.

Alhasil, dari jauh, rumahnya tampak indah dan menyejukan.

Pratu Gunawan mengaku, ia mulai menanam Bunga Matahari sejak Maret 2019 lalu.

“Sebelum menanam, saya belajar dari teman, baca buku dan baca artikel-artikel di internet tentang budidaya bunga matahari. Kemudian saya praktekan. Alhamdulillah sekarang sudah hampir panen,” katanya.

Selain Pratu Gunawan, prajurit Armed 12/Divif-2/Kostrad lain juga melakukan hal yang sama, yakni memanfaatkan halaman rumah untuk menanam berbagai tanaman yang bermanfaat, diantaranya sayur mayur, tomat, cabai, buah naga, dan sebagainya.

Rumah Dinas yang ditempati Pratu Gunawan.

Danyonarmed 12/Divif-2/Kostrad, Mayor Arm Ronald F Siwabessy, mengaku, dirinya sangat mengapresiasi para prajurit yang kreatif dan inovatif dalam pemanfaatan lahan tidur di sekitar rumah.

“Itu merupakan salah satu upaya satuan, selain untuk memaksimalkan penggunaan lahan tidur, juga pemenuhan gizi yang cukup bagi para prajurit dan keluarganya,” tegas pria asli Ambon tersebut. (del/armed)

Penulis/Penerbit

Silahkan Komentar Sesuai Topik di Atas