Published On: Mon, Jun 12th, 2017

Puluhan Pastor di Keuskupan Ruteng Mengundurkan Diri

Share This
Tags

Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng Pr.

sergap.id, RUTENG – Sekitar 60 Pastor di 3 kevikepan Keuskupan Agung Ruteng tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatan sebagai pastor paroki, Vikaris Episkopal, dan jabatan lain. Apa pasal?

Informasi yang dihimpun SERGAP.ID, mengatakan, pengunduran diri tersebut dilatari kekecewaan mereka terhadap Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng Pr.

Senin (12/6/17) pagi, para Imam Katolik itu mendatangi Keuskupan dan menyampaikan aspirasi mereka.

Para Pastor berharap, Vatikan atau Paus Fransiskus segera bersikap terhadap kemelut yang sedang terjadi di Keuskupan Ruteng.

Sekretaris Keuskupan Ruteng, Romo Agustinus Manfred, mengatakan, saat ini pihaknya sedang mencari solusi terkait pengunduran diri para imam tersebut.

“Sekitar pukul 17.00 Wita nanti (hari ini), kami akan bertemu dengan Bapa Uskup Ruteng, Mgr. Hubert Leteng,” kata Romo Manfred seperti dilansir mirifica.net, Senin (12/6/17).

Menurut dia, saat ini mereka sedang melakukan rapat bersama di Istana Keuskupan Ruteng.

Sebelumnya, pada Oktober 2016, para Pastor telah membuat mosi tidak percaya kepada Uskup Hubert. Namun, hal itu tidak ditanggapi Uskup. Mereka menilai, Uskup tidak punya itikad baik untuk menyelesaikan persoalan yang ada.

Ditanya masalah apa? Romo Manfred menjawab diplomatis. “Masalahnya memang sudah lama, dan itu sudah diadukan ke Vatikan,” ujar Romo Manfred, seraya meminta agar semua pihak bersabar.

Rapat Masih Berlangsung

Saat ini para imam di Keuskupan Ruteng sedang menggelar rapat tertutup di lantai dua Istana Keuskupan Ruteng.

Rapat tersebut dihadiri para Pastor dari Kevikepan Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur. Tampak hadir mantan Vikaris Jenderal (Vikjen) Romo Alfon Segar dan Vikjen yang baru, Romo Bene Bensi.

Beberapa polisi dan belasan awak media berkumpul di dekat ruang rapat. Sejumlah anggota DPRD Manggarai juga ikut hadir. Dua orang satpam berjaga di pintu masuk ruang rapat. Situasi tak biasa begitu terasa, seolah ada sesuatu yang sedang terjadi di dalam.

Vikaris Pastoral (Borong), Romo Simon Nama sempat keluar dari ruang rapat dan menyapa media, namun dia tidak memberi keterangan apapun. “Rapatnya masih lama, tunggu saja nanti juga ada jumpa pers ya,” ujar Romo Simon sebelum masuk kembali ke ruang rapat.

Florespost.co melansir, beberapa anggota DPRD Kabupaten Manggarai yang datang menyaksikan rapat para Pastor, enggan berkomentar ketika ditanya Wartawan. “Ini hal yang sangat sensitif”, kata mereka.

Uskup Ruteng, Mgr. Hubert Leteng dikabarkan sedang berada di luar kota Ruteng. Hingga berita ini diturunkan rapat para pastor masih berlangsung. (Cis)

Penulis/Penerbit