Published On: Sun, Jan 21st, 2018

Raja-Raja di Timor Dukung MS – EMI, Pangeran Biboki: Inilah Gubernur dan Wagub Kita

Share This
Tags

MS saat didoakan dan diusapi menjadi keluarga kerajaan Biboki oleh Raja Biboki, Kaisar Nesi Iba Usboko, Sabtu (20/1/18) malam.

sergap.id, BIBOKI – Warga Sonaf (Istana) Babuin, Kecamatan Kolbano, Kabupaten TTS dan Raja Biboki Kabupaten TTU menyatakan dukungan mereka kepada Marianus Sae (MS) dan Emelia Julia Nomleni (Emi) merebut kursi NTT 1 dan 2.

Selain para raja di Pulau Timor tersebut, Cagub dan Cawagub yang diusung PKB dan PDIP ini juga mendapat dukungan dari masyarakat miskin di pedesaan. Alasannya, menurut warga desa, hanya MS – Emi yang peduli terhadap kehidupan masyarakat desa. Buktinya hanya MS – Emi yang memiliki niat mengunjungi untuk melihat dari dekat kehidupan masyarakat desa dan mau mendengarkan apa kata dan harapan warga desa.

Pernyataan dukungan ini disampaikan oleh warga desa yang dikunjungi MS Emi seperti warga Desa Kiubaat (Kecamatan Amanuban Selatan, TTS), Desa Fatutnana (Kecamatan Neobeba, TTS) dan Yandres Sae alias Ba’I Usif (cucu Raja Babuin Atu Sae) saat menerima kunjungan MS pada Selasa (16/1/18).

Dukungan yang sama disampaikan juga oleh Raja Biboki, Kaisar Nesi Iba Usboko saat menerima MS EMI di istana Biboki, Sabtu (20/1/18) sore.

Di Biboki, MS dan Emi dikenakan pakaian kebesaran kerajaan Biboki sebagai tanda mereka telah diangkat menjadi keluarga kerajaan.

Biboki merupakan satu dari tiga Swapraja yang ada di Kabupaten TTU. Dua swapraja lainnya, yakni Swapraja Miomafo dan Swapraja Insana. Swapraja Miomaffo memiliki 8 (delapan) kefetoran, yakni kefetoran Tunbaba, Manamas, Bikomi, Noemuti, Nilulat, Noeltoko, Naktimun dan Aplal.

Swapraja Insana memiliki 5 (lima) kefetoran, masing-masing kefetoran Oelolok, Ainan, Maubesi, Subun dan Fafinesu. Dan, Swapraja Biboki pun memiliki 5 (lima) kefetoran masing-masing kefetoran Ustetu, Oetasi, Bukifan, Taitoh dan Harneno.

MS saat berdoa di makam Raja Babuin (TTS) Atu Sae, Rabu (17/1/18) pagi.

Sebelum ke Biboki, MS Emi menyambangi Desa Bijaepasu, Kecamatan Miomafo Tengah. Mereka menempuh perjalanan sekitar 50an kilometer untuk sampai di Istana Kaisar Biboki.

Pangeran Biboki, Charles Usboko memperkenalkan MS dan Emi kepada segenap warga kerajaan Biboki. “Inilah gubernur dan wagub kita. Pakaian kebesaran yang dipakaikan ke Pak Marianus Sae belum pernah dipakaikan ke siapapun. Baru hari ini diberikan kepada Pak Marianus,” paparnya.

Pangeran Charles Usboko mengungkapkan bahwa dirinya memang belum pernah mengenal Bupati Ngada dua periode ini sebelumnya. Ya, “Beliau ini saya tidak pernah kenal. Saya mengenalnya lewat televisi. Dan setelah melihat posternya, ada rasa di hati mengatakan ini orang sangat cocok jadi gubernur (NTT),” ujar sang Pangeran.

Kepada rombongan MS EMI, Charles Usboko menuturkan bahwa segenap warga kerajaan Biboki sangat patuh pada Kaisar Biboki. Wilayah Kerajaan Biboki sendiri, saat ini, sudah dimekarkan menjadi enam kecamatan. Yakni, kecamatan Biboki Anleu, Biboki Feotleu, Biboki Moenleu, Biboki Selatan, Biboki Tengah dan Biboki Utara.

“Kami keluarga kerajaan sangat patuh pada kaisar yang membawahi 6 kecamatan. Apa kata kaisar, maka itu yang kami lakukan. Kita sepakat dukung MS dan Emi,” tandas Pangeran Charles Usboko.

Kepada Kaisar Nesi Iba Usboko, MS menyerahkan sebilah parang dan Lega (tas lokal Ngada) sebagai simbol perjuangan. Ketika menyerahkan parang dan tas, Marianus Sae memanggil para leluhurnya dalam bahasa adat Bajawa untuk menyatu dengan para leluhur Biboki berjuang bersamanya menggapai kursi gubernur NTT periode 2018-2023.

MS menyampaikan terima kasih kepada pihak kerajaan yang telah menerimanya. Apalagi, bertekad mendukungnya menjadi Gubernur NTT.

Sikap santun dan bersahaja yang diperlihatkan MS di Istana memantik simpati para warga, termasuk Pangeran Charles Usboko. Ia tak kuasa menyembunyikan kekagumannya pada Marianus Sae.

“Inilah calon pemimpin yang sesungguhnya. Santun dalam bicara, komit dalam bekerja,” ungkap Pangeran Charles Usboko mengomentari sikap dan ucapan MS. (fre/cis)

Penulis/Penerbit