Published On: Sun, Jun 11th, 2017

Sebut Bunda Maria di Account Facebooknya, Pria Ini Dikecam dan Diancam Dipolisikan

Share This
Topik

Xfaiz LamaBunga

sergap.id, LARANTUKA – Pemilik account facebook, Xfaiz LamaBunga, dikecam netizen gara-gara menyebut Bunda Maria dalam tulisannya tentang pemindahan ibukota Kabupaten Flores Timur, dari Larantuka ke Adonara.

Ini tulisan lengkap Xfaiz LamaBunga dengan judul ‘3 jam di Larantuka’ yang dishare ke grup facebook Suara Flotim, Minggu 11 juni 2017:

  • Larantuka itu Kota yang paling membosankan di Indonesia. Sebagai episentrum pembangun Flores Timur, sudah tidak layak lagi. Gedung-gedung Pemerintahan saja tidak berwibawa. Kesannya Flotim kok miskin amat. Tetapi emang miskin sih. Hehe..
  • Saya sebagai orang Flores Timur, harus jujur. Bahwa, sebaiknya Ibu Kota Flores Timur WAJIB dipindahkan ke Adonara. Karena Larantuka itu membosankan dari segi tata ruang.
  • Begini…
  • Pertama, Larantuka itu sempit dan tidak punya lahan yang ideal untuk dilirik para investor untuk berinvestasi. Kecuali ada upaya untuk menggusur rata gunung mandiri sehingga ada lahan di Larantuka.
  • Kedua, Larantuka dengan julukan Kota Bunda Maria, sangat menghambat laju pembangunan di Flores Timur. Seperti menggenjot PAD dari bisnis seperti prostitusi dan perjudian di tengah Kota Larantuka secara legal tidak akan bisa. Kesimpulannya, mengurus Flores Timur itu jangan terlalu suci.

Setelah membaca postingan Xfaiz LamaBunga tersebut, pemilik account facebook Imon Lamakadu mengancam akan melaporkan Xfaiz LamaBunga ke polisi.

“Yang punya postingan ini saya kasih waktu 1 x24 jam untuk dihapus. Saya sedang berpikir keras untuk melaporkan anda ke pihak yang berwajib. Postingan anda (telah) melukai perasaan kami orang Lamaholot secara umum dan khususnya orang Larantuka. Terima kasih,” kata Imon Lamakadu dalam kolom komentar status ‘3 Jam di Larantuka’.

Kecaman juga datang dari pemilik account Joe Lamanepa, “Kau (Xfaiz LamaBunga) Ini omong apa??? Kau menghina..ew… Jaga Mulutmu itu”.

Surat elektronik milik Xfaiz LamaBunga itu bahkan telah dicapture dan dishare oleh ratusan anggota grup Suara Flotim, salah satunya dishare oleh Ansis Uba Ama. “Bedebah satu ini (Xfaiz LamaBunga) mmg keterlaluan. Lu boleh kritik tp jangan sampe lu bikin kami Lamaholot, terutama warga Larantuka tersinggung….,” kata Ansis Uba Ama di wall facebooknya.

Melanggar UU ITE

Para netizen menilai, perbuatan Xfaiz LamaBunga itu telah melanggar ayat (3) dan (4) Pasal 45 Undang – Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

  1. Pasal 45 ayat (3): Setiap Orang  yang  dengan  sengaja  dan  tanpa  hakmendistribusikan       dan/atau mentransmisikan dan/atau   membuat   dapat   diaksesnya   Informasi Elektronik   dan/atau   Dokumen   Elektronik   yang memiliki  muatan  penghinaan dan/atau  pencemaran nama  baik  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  27 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4  (empat)  tahun  dan/atau  denda  paling  banyak Rp750.000.000,00   (tujuh   ratus   lima   puluh   juta rupiah).
  2. Ayat (4): Setiap Orang  yang  dengan  sengaja  dan  tanpa  hak mendistribusikan dan/atau       mentransmisikan dan/atau membuat dapat   diaksesnya   Informasi Elektronik   dan/atau   Dokumen   Elektronik   yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal 27  ayat  (4)  dipidana  dengan  pidana  penjara  paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah). (CS)

Penulis/Penerbit: