Published On: Mon, Jun 12th, 2017

Wakil Bupati Lembata Minta Paramedis Layani Pasien Dengan Senyum

Share This
Tags

Wakil Bupati Kabupaten Lembata, Thomas Ola Langoday saat melihat dari dekat pelayanan terhadap pasien di RSUD Lembata, Kamis (8/6/17).

sergap.id, LEWOLEBA – Wakil Bupati Kabupaten Lembata, Thomas Ola Langoday, meminta, pelayanan di RSUD Lembata harus dibarengi senyum paramedis.

Sebab, pasien akan cepat sembuh dari sakit, apabila perawat, bidan maupun dokter mampu memberikan pelayanan secara maksimal dan dibarengi dengan senyum.

“Tindakan medis saja belum cukup. Karena itu (harus) senyum  sambil melayani,” ujar Langoday saat menyambangi  RSUD Lembata, Kamis (08/06/17) lalu.

Permintaan mantan Dekan FE Unwira Kupang ini terkait upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata memaksimalkan rumah sakit dan puskesmas dalam melayani masyarakat.

Menurut dia, uang tidak bisa menjadi alasan bagi petugas Rumah Sakit  atau Puskesmas untuk mengabaikan pelayanan kepada masyarakat.

“Jangan berpikir soal mahal. Jangan ada kata mahal. Karena ini soal manusia. Soal manusia tidak bisa dihitung  mahal dan sebagainya. Soal manusia tidak boleh tidak ada uang. Soal manusia harus ada uang,” tegasnya.

“Kalau semua bilang uang tidak ada, maka masyarakat kita yang kesini (RSUD) meninggal semuanya. Sekarang caranya bagaimana? Caranya harus kita diskusikan bersama. Kita harus buat pendekatan dengan dewan, harus buat pendekatan dengan pihak ketiga. Kalau alat-alat kita tidak bisa datangkan karena sangat mahal, maka kita bisa buat kerjasama dengan pihak ketiga. Kalau ada pihak ketiga yang bersedia, datangkan maka kita buat kerjasama operasional. Harus ada inovasi”, kata Langoday.

Terkait status RSUD Lembata , Langoday mengatakan, secepatnya harus dinaikan dari tipe D ke tipe C. “Untuk itu, dari segala segi harus ditingkatkan, baik pelayanan dan SDM, maupun peralatannya,” ucapnya.

Saat mengunjungi RSUD, Langoday  juga bertemu dengan Tim Akreditasi Rumah Sakit. Kepada Tim Akreditasi dan para Kepala Ruangan RSUD Lembata, ia meminta agar semua berkomitmen meningkatkan status RSUD.

“Saya dan Pak Bupati wajib hukumnya mendukung semua yang bekerja disini agar mendapatkan akreditasi paripurna dan menaikan tipe Rumah Sakit. Rumah Sakit ini pemiliknya adalah masyarakat Lembata. Kita semua ini dipekerjakan oleh masyarakat,  oleh karena itu kita semua harus bekerja dengan sungguh-sungguh untuk masyarakat Lembata”, pinta Langoday.

Di penghujung kunjungannya, Langoday menyempatkan diri bertemu dan berdiskusi dari hati ke hati  dengan semua dokter yang bertugas di RSUD Lembata.

“Harus disyukuri bahwa para dokter mau bertugas di Lembata. Mereka mau meninggalkan semua kemewahan hidup dan mengabdi disini. Karena itu mereka harus kita jaga agar tetap betah disini,” imbuhnya. (Ferry da Silva/Humas Pemkab Lembata)

Penulis/Penerbit