Home Daerah TTS 1000 Lebih anak di TTS Terima Manfaat Donasi Indomaret

1000 Lebih anak di TTS Terima Manfaat Donasi Indomaret

donasi indomaret

sergap.id, SOE – Sebanyak 3.962 orang, 1.402 diantaranya adalah anak, mendapat manfaat secara langsung dan tidak langsung dari dibangunnya dua Jaringan Air Bersih (JAB) di Desa Basmuti, Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pembangunan JAB ini dilakukan dari hasil pengumpulan dana donasi pelanggan Indomaret yang bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI).

Berkat pembangunan dua JAB ini, terpasang 200 Sambungan Rumah (SR). Dua paket JAB ini terdiri dari solar panel, pompa air, bak penampung, pipa distribusi, keran umum, rumah filter air, pelindung mata air, dan reservoir.

Bantuan ini bertujuan memperkuat praktik masyarakat dalam mengelola air dan sanitasi secara baik.

Selain peningkatan kapasitas masyarakat dalam berkolaborasi bersama pemangku kepentingan untuk meningkatkan akses terhadap air bersih, masyarakat diharapkan dapat menghentikan perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Berwaddin Simbolon, Area Program Manager TTS, WVI menyampaikan proyek ini mengupayakan kemudahan akses air bersih bagi masyarakat, terutama anak-anak di Desa Basmuti.

Selain itu, juga dilakukan promosi sanitasi yang sehat lewat pelatihan-pelatihan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan pembuatan jamban sehat, serta mendorong masyarakat untuk tidak melakukan buang air besar sembarangan.

“Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, dan Desa juga dilibatkan dalam melakukan pemicuan dan verifikasi ODF”, ujar Simbolon.

Sejak 8 Desember 2022 – 17 Februari 2023 berhasil dihimpun donasi sebesar Rp 1.844.942.980 melalui program Peduli Anak Sehat. JAB ini telah diresmikan dan diserahkan kepada pemerintah TTS pada tanggal 23 Januari 2024.

Sebagian dana dari donasi sebesar Rp 300.000.000 juga disalurkan untuk pembangunan gedung Sekolah Dasar (SD) Kanisius Sorogenen, Surakarta.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan Indomaret yang setia memberikan donasi untuk sesama yang membutuhkan. Dari donasi yang berhasil dikumpulkan di 22.000 toko Indomaret di seluruh Indonesia bisa membangun jaringan air bersih yang berdampak besar di Nusa Tenggara Timur,” ungkap Marcomm Executive Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Bastari Akmal.

Konsumen dapat berdonasi melalui 3 cara yaitu menyumbang dari uang kembalian, menambahkan jumlah dari uang kembalian dan menyumbang tanpa berbelanja.

Donasi ini dilakukan secara sukarela dan rutin untuk program kemanusiaan. Kasir akan menawarkan dan setelah disetujui konsumen kemudian jumlah donasi akan tertera di struk. Bantuan dari donasi pelanggan Indomaret ini diharapkan dapat membantu masyarakat di NTT dalam mengakses air bersih. (wvi)

Exit mobile version