para pelaku penganiayaan terhadap wartawan di Kupang
Para pelaku penganiayaan terhadap wartawan di Kupang saat digiring ke Mapolres Kupang Kota, Jumat (6/5/22).

sergap.id, KUPANG – Polisi berhasil menangkap lima dari enam pelaku penyerangan terhadap Fabian Latuan, wartawan di Kupang, ibukota Provinsi NTT, yang terjadi pada 26 April 2022 lalu.

Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna B, mengatakan, pelaku yang ditangkap berinisial N, M, P, MD dan JN. Mereka ditangkap di dua lokasi berbeda, yakni empat ditangkap di Balikpapan, dan satu orang di Kota Kupang.

Penangkapan ini berkat kerja sama Polda Kalimantan Timur dan Polresta Kupang Kota.

“Penangkapan pelaku dilakukan setelah petugas melakukan penyelidikan,” ujar Rishian seperti dilansir Antara, Jumat (6/5/2022).

Dari penyelidikan diketahui status perjalanan empat pelaku. Mereka diketahui sedang berada di Bandara Sepinggan.

“Para pelaku diketahui hendak terbang ke Jakarta melalui bandara, sehingga langsung dilakukan penangkapan,” jelasnya.

Menurut Rishian, para pelaku dijerat dengan Pasal 170 Junto Pasal 55 dan 56. Sementara satu pelaku lainnya sedang dalam pengejaran polisi.

Saat ini aparat Polres Kupang Kota tengah menelusuri aktor intelektual dibalik penganiayaan terhadap wartawan ini.

“Kami masih terus mendalami motif dari tindakan kekerasan ini. Yang jelas ini tindak pidana kekerasan yang korbannya sudah ada,” kata Rishian.

Soal kemungkinan adanya pihak yang membiayai perjalanan kelima tersangka dari Kupang ke Balikpapan dan ke Jakarta, Rishian mengatakan, polisi masih melakukan pendalaman.

“Karena berdasarkan hasil penyidikan dan pemantauan di jejak digital, ternyata perjalanan mereka sangat panjang sampai ke Balikpapan dan mau ke Jakarta,” bebernya.

Enam pelaku tersebut diduga melakukan penganiayaan terhadap Latuan yang juga Pemred Media Suaraflobamor usai Latuan diundang oleh jajaran Direksi PT Flobamor menghadiri konferensi pers bersama pada Rabu 26 April 2022. (ref/ant)

KOMENTAR ANDA?

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini