Paus Fransiskus menyalami Imam Besar Masjid Al Azhar Al Sharif, saat berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (3/2/2019).
Paus Fransiskus menyalami Imam Besar Masjid Al Azhar Al Sharif, saat berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (3/2/2019).

sergap.id, BAGHDAD – Paus Fransiskus bakal melakukan kunjungan bersejarah ke Irak pada tanggal 5 sampai 8 Maret 2021. Ini merupakan pertama kali pemimpin Gereja Katolik menginjakkan kaki di Negeri Seribu Satu Malam itu.

Sejumlah agenda menunggu Paus Fransiskus di Irak. Mulai dari bertemu ulama Syiah hingga melakukan misa.

Mengutip laporan Arab News, Kamis, 4 Maret 2021, merujuk pada penjelasan singkat dari Vatikan kepada pers, Paus Fransiskus akan terbang menuju Baghdad pada Jumat, 5 Maret 2021.

Setibanya di sana ia akan disambut oleh perdana menteri Irak.

Pada hari Sabtu nanti, Paus Fransiskus akan pergi ke kota Najaf. Ia akan bertemu dengan Ayatollah Agung Ali Al-Sistani, pemimpin Muslim Syiah Irak. Ini akan menjadi pertemuan tatap muka pertama antara Paus Katolik dan Ayatollah Syiah.

Paus kemudian akan mengunjungi kota kuno Ur Kasdim, yang dianggap oleh Alkitab sebagai tempat kelahiran Abraham. Abraham yang disebut Ibrahim dalam Islam, adalah tokoh penting dalam Tanakh, Alkitab, dan Al-Quran. Agama Yahudi, Kristen, dan Islam menyatakan sosok Abraham sebagai Bapak Rohani segala bangsa.

Pada Ahad, Paus akan terbang dengan helikopter ke Mosul, yang dari 2014 hingga 2017 adalah ibu kota de facto dari kekhalifahan yang diproklamasikan sendiri oleh Daesh. Di sana, Paus akan berdoa untuk menghormati para korban konflik di negeri itu.

Paus Fransiskus kemudian akan terbang ke Qaraqosh, kota mayoritas Kristen di mana pada 2014, sekitar 45 ribu orang diusir oleh Daesh, sebelum menuju ke Erbil untuk misa di stadion Franso Hariri. (an/an)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here