Joakim Lau saat menyampaikan keluh kesah warganya kepada Benny Candradinata.

sergap.id, KOBALIMA – Benny Candradinata, Aggota DPRD Kabupaten Malaka dari Daerah Pemilihan I (Malaka Tengah, Kobalima, Kobalima Timur), Kamis (19/3/20) siang, melakukan kunjungan ke Dusun Metamauk Oan, Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur.

Kedatangan Benny di masa reses itu disambut oleh Anggota BPD, Sekdes dan sejumlah tokoh masyarakat Alas Selatan. Benny pun melakukan dialog santai dengan warga di salah satu rumah tokoh masyarakat setempat.

Dalam pertemuan itu, Joakim Lau, salah seorang warga Dusun Metamauk Oan, menyampaikan keluh kesah mereka tentang sulitnya mengurus KTP.

“Kami ini petani, tinggalkan pekerjaan, pulang pergi hanya buang biaya transportasi saja, tapi belum juga dapat KTP. Alasannya sama saja, tidak ada yang lain. Katanya blangko habis, blangko tidak ada,” beber Joakim.

Selain itu, Joakim mengatakan, berdasarkan amatannya,  pembangunan di Malaka sangat tidak merata. Kecamatan Kobalima Timur dan Kobalima hampir tidak tersentuh APBD.

“Lapangan kerja juga sangat minim,” timpalnya.

Menurut dia, akibat perhatian yang kurang dari pemerintah, indeks pembangunan manusia di dua Kecamatan itu sangat minim. Akibatnya sebagian besar pemuda setempat memilih merantau ke luar Malaka.

Karena itu, Joakim meminta pemerintah melalui Benny agar masyarakat di kampungnya diberi bantuan mesin batako guna dapat dimanfaatkan oleh para pemuda yang masih ada di kampungnya.

“Ini untuk mengurangi anak mudah merantau ke luar,” tegas Joakim.

Soal mesin cetak batako, kata Joakim, pihaknya telah mengajukan permohonan melalui Desa. Namun usulan tersebut dipangkas saat Musrenbang Kecamatan.

Mendengar itu, Benny langsung menyatakan siap membantu secara pribadi. Paling lambat bulan depan mesin cetak itu sudah ada.

Hanya saja Benny mengingatkan Joakim agar segera membentuk kelompok kerja dan jika mesin cetak sudah diterima, manfaatkan dan jagalah dengan baik.

Benny menjelaskan, masa reses merupakan masa penting yang sejatinya secara fungsional sebagai media menjaring aspirasi masyarakat.

“Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD. Setiap tiga bulan, anggota dewan turun ke daerap pemilihannya untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan,” tegas Ketua DPC Partai Gerindra Malaka itu.

Benny Candradinata saat berdialog dengan warga Dusun Metamauk Oan, Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kamis (19/3/20).

Bagi Benny, suara-suara yang dihimpun melalui reses akan direkap dan dibuat laporan kemudian diteruskan kepada pimpinan di dewan.

“Aspirasi masyarakat terkait KTP dan kurangnya pemerataan pembangunan akan saya sampaikan di sidang dewan,” tutup Benny. (advetorial)