Sepeda motor milik Max Mart Vilson Sinlae (39).

sergap.id, KUPANG – Tim Buru Sergap (BUSER) Polsek Kelapa Lima, Polres Kupang Kota, berhasil menangkap Pelipus Masusu (19), pelaku pencurian 2 unit sepeda motor di Kota Kupang.

Kepada SERGAP, Kanit Reskrim Polsek Kelapa Lima, Ipda Dominggus Duran, SH, menjelaskan, Mesusu ditangkap pada hamis Kamis (9/1/20), sehari setelah pelaku melakukan pencurian di wilayah Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Menurut Ipda Dominggus, pada Rabu (8/1/20) dini hari, sekitar pukul 03.20 Wita, pelaku menjalankan aksinya di kos-kosan Warna Warni di Rt002 Rw 001, Kayu Putih.

Saat itu pemilik kendaraan, yakni Max Mart Vilson Sinlae (39) sedang begadang nonton televisi.

Tiba-tiba ia mendengar bunyi sesuatu dari luar kosnya.

“Korban langsung teringat bahwa dia lupa mengunci stir motornya yang saat itu sedang terparkir dalam keadaan berstandar dua di luar kos”, kata Ipda Dominggus (9/1/20).

Max kemudian membuka jendela dan mengecek motornya. Ternyata barang kesayangannya itu sudah tidak ada.

Max lantas mengecek di sekitaran kos. Astaga! Ternyata sepeda motornya sedang di bawa orang. Kontan saja dia berteriak “pencuriiiiiiiiii, pencuriiiiiii, pencuriiiii”.

Mendengar itu, bapak kos yang saat itu juga sedang bergadang langsung ke luar rumah dan melihat sepeda motor milik Max sedang didorong orang.

“Pelaku yang mendengar teriakan PENCURI di dekatnya menyadari kalau niatnya sudah diketahui korban. Akhirnya, pelaku yang saat itu sedang mendorong sepeda motor korban sekitar 11 meter dari kos langsung lari meninggalkan motor,” beber Ipda Dominggus.

Pelipus Masusu (19), pelaku pencurian 2 unit sepeda motor di Kota Kupang diapit dua anggota Polsek Kelapa Lima.

Korban dan warga sekitar sempat mengejar pelaku, namun pelaku yang belakangan diketahui berasal dari Maluku dan tinggal ngekos di Kelurahan Nunbaun Dela (NBD) Kecamatan Alak, Kota Kupang itu, berhasil kabur.

Namun sialnya, sejumlah warga melihat pria yang sehari-hari bekerja sebagai Nelayan tersebut lari bersembunyi di dapur milik salah seorang warga di dekat kos-kosan.

Saat didekati warga, pelaku terlihat sembunyi di pojok dapur dan sedang memegang barang tajam.

“Karena takut, pelaku mengambil barang tajam dari dapur,” ujar Ipda Dominggus.

Saat bersamaan warga sekitar terus berdatangan. Mereka terlihat geram saat mengetahui pelaku masih ada di dalam dapur.

Ketika warga sudah banyak, mereka pun memberanikan diri membekuk pelaku dan kemudian menganiayanya.

Beruntung tim Buser Kelapa Lima cepat tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) hingga nyawa pelaku selamat.  Setelah ditangkap, pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Kelapa Lima.

Pelipus Masusu sedang diperiksa penyidik Polsek Kelapa Lima, Kamis (9/1/20).

Tak lama berselang korban mendatangi Mapolsek untuk membuat Laporan Polisi dan teregistrasi dengan nomor: LP/B/08/I/2020/Sektor Kelapa Lima Kota Kupang.

Selain menangkap pelaku, Tim Buser BUSER juga berhasil mengamankan 1 unit sepeda motor milik korban, jenis Honda Vario, warna hitam,  DH 4722 TG dengan nomor mesin KF11E1359687 dan nomor rangka: MH1KF1117FK353654.

Sementara sepeda motor satunya lagi jenis Yamaha Mio Sporty, warna hitam, tampa Nomor Polisi dan belum diketahui siapa pemiliknya diamankan dari kos milik pelaku di Kelurahan NBD, Alak, Kota Kupang.

“Sepeda motor yang tanpa plat polisi ini masih diselidiki oleh Polsek Alak. Karena TKPnya di (wilayah hukum) Polsek Alak,” pungkas Ipda Dominggus. (vitus/vitus)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.