Petugas medis China sedang menangani pasien Corona di Wuhan.
Petugas medis China sedang menangani pasien Corona di Wuhan.

sergap.id, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, mengatakan, dua warga negara Indonesia (WNI) yang terdeteksi positif terjangkit virus corona tinggal di wilayah Depok, Jawa Barat.

“Daerah Depok,” tegas Terawan kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/20).

Terawan menjelaskan dua orang tersebut merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya berumur 31 tahun. Keduanya tertular virus corona dari warga negara Jepang yang berkunjung ke rumah mereka di Depok belum lama ini.

Warga Jepang itu baru terdeteksi positif corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia.

Setelah itu, Kemenkes melakukan penelusuran dan mendapat bahwa ibu dan anak itu positif corona setelah melakukan kontak dengan warga Jepang itu.

Saat ini, kata Terawan, dua warga itu tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Sulianti Saroso (SS), Jakarta Utara (Jakut).

“(Sekarang dirawat) di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, di ruang khusus yang tidak terkontak dengan orang lain,” ucap Terawan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona.

“Orang Jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (2/3/2020).

“Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,” tutur Presiden.

Dengan pengumuman ini, maka untuk kali pertama ada penemuan orang yang terjangkit virus corona di Indonesia.

Beberapa waktu lalu diberitakan, ada sejumlah WNI yang terjangkit virus corona, tetapi mereka berada di luar Tanah Air.

Misalnya, seorang perempuan WNI yang berada di Singapura. Dia diketahui sebagai WNI pertama yang terjangkit virus corona saat bekerja sebagai pramuniaga di Negeri Singa. Perempuan itu belum pernah ke China.

Dia diduga terjangkit virus corona dari sejumlah wisatawan yang datang ke toko tempat dia bekerja.

Kasus berikutnya adalah sembilan WNI yang terjangkit virus corona saat bekerja sebagai awak kapal pesiar Diamond Princess.

Menurut Terawan, dari sembilan WNI itu, lima orang di antaranya dirawat di rumah sakit, sedangkan empat orang sisanya masih di kapal.

Wali Kota Depok, Muhammad Idris Abdul Somad, mengatakan, perumahan tempat tinggal dua pasien virus corona itu merupakan hunian yang juga ditinggali Kapolri Jendral Idham Azis.

Rumah dua pasien itu jaraknya cukup dekat dengan kediaman pribadi orang nomor satu di tubuh Polri tersebut.

“Iya nanti kita lihat indikasi atau gejala gejala yang ada di perumahan itu, saya belum cek. Namun Perumahan Studio Alam itu perumahan Pak Kapolri,” ujar Idris di Balai Kota Depok, Jawa Barat, Senin (2/3/2020). (el/el)