Foto ini adalah bayi yang selamat dari tenggelamnya KM Lestari Maju di perairan Sulawesi Selatan pada bulan Juli 2018 lalu.
Foto ini adalah bayi yang selamat dari tenggelamnya KM Lestari Maju di perairan Sulawesi Selatan pada bulan Juli 2018 lalu.

sergap.id, JAKARTA – Sebuah foto bayi yang diklaim sebagai korban selamat dari jatuhya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 viral di media sosial.

Selain facebook dan instagram, foto tersebut juga dibagikan lewat pesan berantai WhatsApp pada Minggu 10 Januari 2021.

Dalam foto itu tampak seorang bayi sedang menangis sambil mengenakan rompi pelampung dan dikelilingi oleh sejumlah orang, termasuk salah seorang tentara.

“Tidak ada yg tdk mungkin klo Allah sdh berkehendak. Semoga panjang umurmua nak. Terombang ambing semalaman di lautan tanpa ortunya, tapi masih selamat bermodalkan pelampung. Tdk bisa kubayangkan. Semoga orangtuanya cepat ketemu dan selamat juga,” demikian narasi dalam gambar tersebut.

Benarkah foto bayi tersebut merupakan korban selamat dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182?

Ternyata tidak! Itu kabar bohong atau hoaks. Sebab foto bayi itu adalah foto bayi yang selamat dari tenggelamnya KM Lestari Maju di perairan Sulawesi Selatan pada bulan Juli 2018 lalu.

Foto ini juga sempat menjadi hoaks setelah peristiwa kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 pada bulan Oktober 2018 lalu.

Saat itu, Kapusdatin dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, meluruskan kabar foto bayi tersebut.

“Tidak ada video/foto kondisi penumpang sebelum JT-610 jatuh. Jangan ikut menyebarkan Hoax,” tegas Sutopo dalam cuitan di akun Twitternya.

Hoaks atau berita bohong atau berita palsu adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Tujuan dari berita bohong adalah membuat masyarakat merasa tidak aman, tidak nyaman, dan kebingungan. (bul/bul)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here