Jembatan Benanain saat ini.
Kondisi Jembatan Benanain saat ini.

sergap.id, HAITIMUK – Curah hujan dengan intensitas tinggi yang melanda East Timor beberapa hari terakhir menyebabkan jembatan Benenain miring ke kiri dan terancam amblas diseret banjir kiriman dari wilayah kabupaten Timor Tengah Selatan dan Timor Tengah Utara.

Tiang jembatan yang terletak di perbatasan NTT Timor Leste, tepatnya di Dusun Kotafoun B, Desa Haitimuk, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, itu, tampak turun menembus bumi hingga membuat jembatan miring ke sisi kiri.

Aspal di permukaan jembatan sepanjang 132 meter itu pun tampak retak-retak dan patah.

Hingga Minggu 4 April 2021, hujan masih mengguyur pulau Timor dan banjir di sungai benanain belum juga reda.

Pemerintah telah melarang warga melewati jembatan ini.

Masyarakat disarankan menempuh jalan alternatif yang ada jika ingin bepergian.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mendeteksi adanya bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu dan diperkirakan akan menguat dalam 24 jam kedepan.

Keberadaan bibit siklon tersebut berkonribusi signifikan terhadap peningkatan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di wilayah Provinsi NTT, termasuk Pulau Timor.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dalam tiga hari kedepan.

Hujan disertai petir akan terjadi di wilayah Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, TTU, Belu, Malaka, Sabu Raijua, Rote Ndao, Nagekeo, Ngada, Ende, Sikka, sebagian Flores Timur, Lembata, Alor dan Sumba Timur.

BMKG pun telah mengumumkan status waspada terhadap potensi angin kencang di hampir seluruh wilayah NTT, terutama di wilayah yang berada di sekitar pusat tekanan rendah, seperti Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Rote Nado, Sabu Raijua, dan sebagian Pulau Sumba.

Kepala Stasiun Meteorologi Kupang, Agung Sudiono Abadi, mengatakan, selama tiga hari kedepan, berdasarkan perkiraan cuaca, banjir bandang dalam status siaga berpotensi terjadi di Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTU dan TTS.

Banjir bandang ini juga diperkirakan akan bermuara di sungai benanain.

Masyarakat diharapkan tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi ekstrem ini, termasuk siaga terhadap bencana banjir, tanah longsor, genangan air, pohon tumbang dan lain-lain. (red/red)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here