Penelitian yang diumumkan oleh American Sociological Association menunjukkan bahwa anak perempuan lebih perhatian dan tulus merawat ayah ibunya dibandingkan anak laki-laki.
Penelitian yang diumumkan oleh American Sociological Association menunjukkan bahwa anak perempuan lebih perhatian dan tulus merawat ayah ibunya dibandingkan anak laki-laki.

sergap.id, WOW – Anak laki-laki mungkin selalu jadi kebanggaan dalam keluarga. Apalagi jika kehidupan ekonomi dan karirnya sukses. Namun sebuah penelitian mengatakan bahwa anak perempuan lebih bisa diandalkan untuk merawat orang tuanya ketika orang tuanya sudah lanjut usia.

Ada beberapa hal yang membuat anak perempuan lebih diunggulkan dibandingkan anak laki-laki yang ketika dewasa lebih memilih hidup terpisah dari ayah ibunya dan lebih mementingkan kehidupan keluarga barunya.

Kebanyakan anak laki-laki lebih mengutamakan bagaimana menguasai harta orang tua ketimbang mengurus segala keperluan orang tua ketika orang tua sudah tua.

Sementara anak perempuan tidak mempedulikan harta orang tua, dan kebanyakan lebih tulus mengasuh orangtua ketika orang tua mereka sudah lanjut usia.

Sebuah penelitian yang diumumkan oleh American Sociological Association menunjukkan bahwa anak perempuan lebih perhatian dan tulus merawat ayah ibunya dibandingkan anak laki-laki.

Studi yang dilakukan oleh Angelina Grigoryeva dari Princeton University terhadap 26.000 peserta berusia di atas 50 tahun ini mencatat bahwa anak perempuan menghabiskan waktu rata-rata 12,3 jam per bulan untuk melihat, mengasuh dan merawat orang tuanya dibandingkan anak laki-laki yang hanya menghabiskan 5,6 jam.

Angelina Grigoryeva mengatakan bahwa anak laki-laki cenderung membatasi waktu mengasuh orangtuanya ketika ia punya saudara perempuan. Dia cenderung melimpahkan tanggung jawab mengasuh orang tua kepada saudarinya. Sebaliknya anak perempuan cenderung meningkatkan waktu merawat orangtuanya karena ia memiliki saudara laki-laki.

Ini bisa dibilang anak perempuan lebih bisa diharapkan unruk menjaga dan mengasuh orangtuanya ketika orang tuanya sudah lansia.

Secara umum alasannya adalah karena anak perempuan lebih peduli, penyayang, dan mengandalkan perasaannya, dibandingkan anak laki-laki.

Walau demikian, tidak sedikit anak laki-laki juga lebih unggul mengurus orang tuanya daripada anak perempuan.

Penelitian ini tentu menjadi pengingat bagi setiap orangtua bahwa sebaiknya jangan mengabaikan berkah memiliki anak perempuan, juga jangan meremehkan anak laki-laki. Karena dalam dukungan doa, saat tua nanti, merekalah yang mengurus kita. Amin! (kor/kor)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here