Survei hidro oseanografi di Selat Gelasa Belitung.

sergap.id, JAKARTA – TNI Angkatan Laut pada Agustus 2020 mendatang akan menggelar kegiatan “4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2020” yang menurut rencana akan digelar di dua tempat, yakni di Kepulauan Seribu Jakarta dan Pulau Belitung.

Demikian siaran pers Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) yang diterima SERGAP, Rabu (4/3/20).

Kegiatan ini merupakan latihan bersama non tempur dengan titik fokus pada kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan medis, bakti sosial, kesehatan, pemberdayaan kapasitas wilayah dan juga berkaitan dengan penanganan penanggulangan kemanusiaan akibat bencana alam di laut  maupun di pesisir.

Multilateral Naval Exercise Komodo 2020 ini merupakan Latihan Bersama ke-4 yang  diselenggarakan di Indonesia setelah sebelumnya telah sukses dilaksanakan di Batam, Padang dan Lombok

Sejalan dengan upaya mengulang kesuksesan dari penyelenggaraan kegiatan tahunan ini, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menggelar survei dan pemetaan  untuk memutakhirkan data hidro-oseanografi perairan Teluk Jakarta dan perairan selat Gelasa,  Belitung

Pushidrosal mengirimkan tim survei untuk melaksanakan operasi survei dan pemetaan dengan tujuan memperoleh data kondisi hidro-oseanografi terbaru untuk mendukung kegiatan MNEK tahun 2020.

Hal ini bertujuan agar kapal-kapal dari negara peserta yang terlibat dalam perhelatan  akbar ini dapat berlabuh dengan aman dan terbebas dari bahaya navigasi, sehingga dapat mengikuti semua kegiatan dengan sukses.

Tim survei Pushidrosal di Teluk Jakarta  di bawah pimpinan Komandan Unit Tugas MNEK Jakarta 2020 Mayor Laut (P) Mustika Ari  Wibowo A.T., S.T.  akan melaksanakan  survei dan pemetaan selama 31 hari yang meliputi Penetapan ttik kontrol horisontal pemetaan, Pemeruman, Pengukuran Pasang Surut, Pengukuran Pola Arus, Pengambilan Sampel Dasar Laut, Pengukuran CTD dan Pengumpulan Data Geografi Maritim.

Kapushidrosal Laksda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H, mengatakan, selain bertujuan untuk menyukseskan kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo 2020, survei dan pemetaan ini sekaligus digunakan untuk memutakhirkan Peta Laut Indonesia (PLI) nomor 86 perairan Teluk Jakarta, dan PLI nomor  64 di perairan Selat Gelasa, Belitung serta diharapkan update PLI akan dapat menjamin keselamatan pelayaran di dua perairan  dengan  lalu lintas pelayaran yang sangat padat.

Selain di Teluk Jakarta, Pushidrosal juga mengirimkan  tim survei untuk melaksanakan operasi survei dan pemetaan di Perairan Selat Gelasa, Belitung. 

Tim survei Pushidrosal di Selat Gelasa  ini berjumlah 12 personel di bawah pimpinan Komandan Unit Tugas MNEK Belitung 2020 Mayor Laut (KH) Ainun PW., S.T., M.T.   Survei ini bertujuan untuk memperoleh data kondisi hidro-oseanografi terkini dan menentukan arah lego jangkar kapal-kapal peserta MNEK di Perairan Selat Gelasa, Belitung, sehingga kegiatan MNEK yang berlangsung Belitung dapat berjalan aman dan lancar.

Selain itu data dan informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk kepentingan pembangunan kelautan di masing – masing daerah. (sp/sp)