Saat Net1 melakukan kerjasama dengan Matrix Tv.

sergap.id, JAKARTA –  Net1 Indonesia, penyedia layanan mobile data broadband 4G LTE, mengumumkan kerja sama dengan Qualcomm Incorporated untuk menyediakan perangkat telekomunikasi SIM ganda yang mendukung jaringan frekuensi 450MHz.

Kerjasama ini untuk mempercepat ketersediaan peranti koneksi 4G LTE berbasis jaringan frekuensi 450 MHz dan menjajaki pengembangan Internet of Things di Indonesia

Qualcomm yang berfokus pada riset dan pengembangan senilai mendekati USD 50 miliar dan lebih dari 30 tahun berinovasi pada chipset, software, services dan solusi platform terintegrasi, telah menciptakan teknologi mendasar yang merevolusi cara orang untuk terhubung satu sama lain.

Net1 Indonesia menyadari adanya keterbatasan dalam hal penyediaan perangkat yang mendukung frekuensi 450 MHz.

Di sisi lain, Net1 berupaya untuk terus memperluas jangkauannya dan memperbanyak jumlah pelanggan sehingga memerlukan partner bisnis yang tepat untuk dapat memenuhi tuntutan perkembangan bisnis tersebut.

“Net1 Indonesia kini telah menyediakan perangkat yang exclusive/close market untuk frekuensi 450 MHz. Kemitraan dengan Qualcomm akan mempertajam solusi dari kami agar para pelanggan dapat terus menikmati layanan Net1 dengan kualitas terbaik,” ujar Larry Ridwan, Chief Executive Officer Net1 Indonesia, dalam siaran pers yang dikirim ke SERGAP via mail, Senin (13/8/18).

“Kami berkomitmen untuk terus mempercepat industri seluler dan proyek bersama Net1 ini sangat berarti bagi kami, terutama untuk menyediakan layanan telekomunikasi di daerah pinggiran dan perdesaan yang menawarkan konektivitas dan aksesibilitas demi pengalaman seluler yang lebih baik bagi pelanggan,” ujar Shannedy Ong, Country Manager Qualcomm Indonesia.

“Kami terus membuka kerja sama dengan pihak ketiga lain untuk mendukung bisnis Net1 Indonesia terutama dalam memproduksi perangkat 4G LTE yang mendukung frekuensi 450Mhz, sehingga tidak akan ada overlap dan eksklusivitas bisnis dalam mendorong perkembangan ekosistem mobile data dan IoT di Indonesia,” pungkas Larry.

Net1 Indonesia meyakini jaringan 4G LTE 450MHz akan semakin banyak dirujuk oleh masyarakat terutama yang tinggal di pelosok-pelosok negeri, sehingga diperlukan peranti pendukung yang berkualitas dan tahan uji.

Tentang Net1 Indonesia

Net1 Indonesia merupakan nama merek dagang layanan telekomunikasi dari PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) yang mengandalkan frekuensi 450MHz dengan teknologi 4G LTE (Long Term Evolution).

Keunggulan layanan Net1 adalah karakteristik frekuensinya rendah 450 MHz, sehingga  ini sangat cocok diaplikasikan untuk daerah-daerah yang memiliki wilayah luas dan kepadatan yang rendah.

Sejak Desember 2015, STI bekerjasama dengan ICE Group (sebelumnya bernama AINMT International Holdings BV), perusahaan telekomunikasi internasional yang berbasis di Skandinavia untuk memperluas dan meningkatkan jaringan nirkabel.

Pada bulan September 2016, STI berhasil mengantongi izin untuk menggelar jaringan 4G LTE di frekuensi 450MHz secara nasional.

Komitmen STI untuk mewujudkan pemerataan akses internet berkualitas sampai ke pelosok melalui layanan Net1 Indonesia telah resmi dan telah menjalani proses Uji Laik Operasi.

Dengan karakteristik jangkauan yang luas, STI akan lebih fokus membawa layanan 4G LTE ke daerah perdesaan dan sub urban. Frekuensi 450MHz dinilai sangat cocok untuk negara kepulauan seperti Indonesia yang memiliki populasi penduduk tersebar secara geografis.

STI optimis memiliki kemampuan untuk menyediakan akses jaringan LTE-450MHz untuk 260 juta penduduk Indonesia yang tersebar di lebih dari 14.000 pulau. (cis/cis)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.