Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi.

sergap.id, JAKARTA – Presiden Jokowi akan menjalani rangkaian perjalanan ke luar negeri mulai tanggal 26 Juni 2022. Ia akan ke Jerman menghadiri pertemuan G7. Setelah itu, Presiden akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv, Ukraina, serta menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia.

Untuk itu, Presiden akan dikawal oleh pasukan elit Indonesia. Pasukan ini akan dibagi dalam tiga tim yang melekat dengan Presiden, diantaranya tim penyelamatan dan advance atau tim pendahulu.

Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Mayjen Tri Budi Utomo, mengatakan,  total pasukan yang akan diterjunkan berjumlah 39 orang.

“Kalau kita sendiri yang melekat ke beliau (Jokowi) ada 19, ditambah yang matannya (tim penyelamatan) sendiri 10 [orang] di sana. Berarti 29 [orang], ditambah dengan 10 orang yang sudah stand by di sana,” kata Tri saat dihubungi, Kamis (23/6/22).

Tri mengatakan pasukan tersebut akan dilengkapi dengan senjata laras panjang. Mereka pun dipasok dengan amunisi tidak terbatas selama mengawal Presiden.

“Alhamdulillah kita juga tidak terlalu khawatir karena Paspampres ini ada dari Kopassus, ada dari Denjaka, ada dari Paskhas ada. Alhamdulillah kita percaya diri,” imbuhnya. (pes/pes)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here