Kepala Puskesmas Alak, dr. Maria I. Husni

sergap.id, KUPANG – Puskesmas merupakan sarana pertama dan terdekat yang bakal dikunjungi masyarakat jika membutuhkan pelayanan kesehatan.

Namun kondisi Puskesmas di Kecamatan Alak, Kota Kupang sungguh memprihatinkan. Kondisi lantainya telah berlumut, dan plafon gedungnya terancam ambruk.

Adipapa Lutu, salah satu pengunjung Puskesmas Alak, yang ditemui Selasa (11/7/17), mengatakan, dirinya sangat jika takut mengantri di ruang tunggu pasien. Sebab plafon di ruangan itu sudah sangat reot dan sewaktu-waktu bisa ambruk.

“Makanya… kita kalau antri, ya… terpaksa antri di luar. Kita takut kena tendes dari plafon,” ujar Adipapa yang diamini pasien lain.

Menurut dia, usia gedung Puskesmas tersebut sudah sangat tua dan perlu direhab segera. “Kami berharap pemerintah segera bertindak. Karena kondisi ini sangat mengganggu pasien,” pintanya.

Ketakutan yang sama juga dirasakan Herson Dadik. Pasien yang juga warga Alak itu terpaksa duduk menunggu di tempat parkir Puskesmas, menunggu giliran untuk dipanggil guna mendapat layanan berobat dari para perawat Puskesmas.

“Dari pada duduk di dalam? Terus tiba-tiba plafon jatuh? Kita sudah sakit tambah sakit lagi,” ujarnya.

Terhadap kondisi ini, Kepala Puskesmas Alak, dr. Maria I. Husni tak bisa berbuat banyak. Namun ia mengaku Puskesmas yang sedang dipimpinnya itu akan segera direhab dalam tahun 2017 ini.

“Warga Alak diharap bersabar sampai terealisasinya pembangunan gedung baru,” pinta dokter Maria. (Dem)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.