Tim IPA SPEKSANYO Kupang foto bersama melakukan penelitian tentang Antioksidan Minyak Paus di Lamalera, Kabupaten Lembata.
Tim IPA SPEKSANYO Kupang foto bersama melakukan penelitian tentang Antioksidan Minyak Paus di Lamalera, Kabupaten Lembata.

sergap.id, KUPANG – Luar biasa! Siswa-siswi SMP Katolik Santo Yoseph (SPEKSANYO) Naikoten, Kota Kupang, terus mengukir prestasi di kancah nasional. Kali ini Tim IPA yang terdiri dari tiga siswa lolos ke final Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2022.

Ketiga siswi yang berasal dari Sekolah Penggerak ini adalah Birgita Christina Manek, Maria The Firstyn Geli, dan Olivia Lie Jungkit. Ketiganya meneliti dan menulis tentang, “Uji Aktivitas Antioksidan Minyak Paus dan Relevansinya bagi Masyarakat Lamalera”.

Sebelum naskah dikirim, siswi-siswi sekolah binaan Yaswari Keuskupan Agung Kupang ini belajar di Lamalera, Kabupaten Lembata sejka tanggal 7-11 Juli 2022.

Setelah diseleksi, naskah Tim ini dinyatakan lolos untuk presentasi di Final Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2022.

Birgita, Maria dan Olivia tentu sangat gembira bisa lolos ke tingkat nasional.

“Terima kasih  kepada Romo Kepala sekolah, para guru dan orang tua yang mendukung dan membimbing kami”, demikian ungkapan syukur mereka.

Guru pembimbing, Afryanto Liko Sogen, S.Pd, berbangga dengan raihan anak didiknya. Demikian juga Kepala SMP Katolik Santo Yoseph Naikoten, Romo Fransiscus Amandus Ninu, Pr, S.Fil.

“Kami senang dan bangga dengan anak-anak kami, mereka belajar sebagai pelajar pancasila yang kreatif dan mandiri”, ungkap Romo Amanche.

Siswa-siswi SPEKSANYO  sendiri sudah empat tahun berada di final Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia tingkat nasional yakni tahun 2017, 2019, 2020, dan 2022.

Dari empat tahun keikutsertaan sudah satu medali emas dan satu medali perunggu dipersembahkan untuk Kota Kupang dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menuju presentasi di final 2022, tim SPEKSANYO membekali diri dengan pendalaman materi penelitian dan latihan presentasi, serta persiapan pameran.

Presentasi dan pameran Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2022 akan digelar pada November 2022. Proficiat! Kita Bisa! (nas/nas)