Tanam Padi Serentak di Bakateu, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Kamis (25/1/2018).

sergap.id, BAKATEU – TNI Polri terus berupaya menyukseskan program Revolusi Pertanian Malaka (RPM) dan Upaya Khusus (Upsus) mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malaka.

Demikian disampaikan Dandim1605 Belu, LetkoDal CZI I Gusti Putu Dwika kepada wartawan di sela – sela acara penanaman padi di Bakateu, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kamis (25/1/2018)

Gusti menjelaskan, kehadiran TNI dan Polri dalam kegiatan ini merupakan wujud nyata TNI bersama pemerintah dan masyarakat Malaka bersinergi mendukung Program Upsus Swasembada Pangan dan RPM Tanam Padi Serentak.

“Di seluruh Indonesia dilaksanakan penanaman serentak. Kami sudah laksanakan rapat koordinasi terkait luas tambah tanam yang pada intinya untuk mendukung Upsus dan RPM. Kami dari TNI dan Polri siap membeckup,” tegasnya.

“Harapan kita, khususnya di Malaka, Upsus dan RPM dapat percepatan swasembada pangan dan kesejahteraan rakyat. Saya berterima kasih kepada Bupati Malaka yang menggelar program RPM untuk mendukung usaha Pertanian masyarakat,” kata Gusti.

Di tempat yang sama, Kepala BPTP Provinsi NTT, Dr. Samsudin, mengatakan, Upsus merupakan program Pemerintah Pusat (Pempus) yang difokuskan bagi Kabupaten Belu dan Malaka, dengan tujuan memperkuat Swasembada pangan agar masyarakat yang tinggal di perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste mempunyai makanan yang cukup.

“Untuk Upsus di NTT hanya Belu dan Malaka yang jadi sentral perhatian pempus. Kedua kabupaten ini cocok untuk program Upsus. Tanah Malaka sangat luas dan sangat cocok untuk pertanian. Kementrian Pertanian RI sangat memperhatikan dua kabupaten di atas,” paparnya.

Tanam Padi Serentak di Bakateu, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Kamis (25/1/2018).

Asisten Pemerintahan Umum Setda Malaka, Sakarias Nahak, mengaku, Pemda Malaka sangat berterima kasih kepada TNI yang selama ini banyak membantu pemerintah dan masyarakat di bidang pertanian.

“Kita tetap membangun kerja sama dengan TNI dan Polri kedepan sehingga program nasional yang dicanangkan pempus dapat mensejahterakan masyarakat,” imbuhnya.

Kegiatan Tanam Padi Serentak tersebut dimulai pukul 09.00 Wita dan diikuti Dandim1605/ Belu Letkool CZI I Gusti Putu Dwika, perwakilan Polres Belu, Wadan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 715 Kapten Enggar Armyanto.

Aspum Setda Malaka Sakarias Nahak, Kadis Tanaman Pangan-Hortikultura dan Perkebunan Yustinus Nahak, Petugas Kementan Litbang DR. Samsudin, Anggota DPRD Malaka Komisi 2 Wandelinus Taolin.

Danramil Se Kabupaten Malaka, Camat MalakaTengah Eduardus Bere Atok, Camat Kobalima Fransiskus Teti. Kepala Desa Se Malaka Tengah, Petugas Pengairan Daerah Kabupaten Malaka, Kepala Bank Se Kabupaten Malaka dan ASN Distan Malaka. (sel/sel)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.