sergap.id, KALABAHI – Setiap daerah memiliki ragam kuliner yang khas, tak terkecuali di Kabupaten Alor, Flores Timur dan Lembata.

Selain memiliki keindahan alam, di tiga daerah ini juga memiliki ragam kuliner tradisional yang enak dan unik. Dari makanan utama hingga camilan yang renyah legit.

Sekilas, camilan kue ini memiliki bentuk yang unik, mirip seperti bihun yang digoreng kering berbentuk agak bergelombang seperti rambut keriting.

Kue ini berwarna cokelat keemasan dengan bentuk segitiga. Kue rambut memiliki aroma yang khas, campuran antara aroma tepung yang digoreng dengan wangi gula merah.

Jawada atau kue rambut merupakan makanan khas pulau Flores dan pulau Alor yang biasa dihidangkan pada saat acara istimewa maupun upacara adat. Selain itu kue rambut ini juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari kedua daerah tersebut.

Kue rambut dibuat dengan campuran tepung beras, gula aren, santan, air nira, garam dan minyak. Kue ini digoreng dengan menggunakan minyak goreng yang banyak dan panas.

Untuk membuatnya campurkan semua bahan menjadi satu adonan, akan tetapi konsistensinya tidak boleh terlalu kental dan encer.

Agar bentuknya menyerupai rambut, masyarakat sekitar biasanya menggunakan batok kelapa yang diberi lubang kecil-kecil atau kaleng yang dilubangi.

Adonan dituang lalu digoyangkan di atas minyak panas hingga terbentuk seperti rambut dengan lapisan yang tipis. Agar teksturnya tetap renyah maka digunakan minyak atau cara deep frying.

Kue rambut ini juga dapat bertahan lama jika disimpan dalam stoples yang kering dan kedap udara.

Proses pembuatan yang mudah tapi memerlukan waktu dan ketelitian, membuat kue rambut menjadi camilan khas yang tidak ditemukan di daerah lain.

Bahan Kue Rambut

  1. Tepung beras secukupnya
  2. Nira secukupnya
  3. Gula palem secukupnya
  4. Garam secukupnya
  5. Air secukupnya
  6. Minyak goreng secukupnya

Cara Buat Kue Rambut

  1. Pertama, siapkanlah bahan-bahan di atas menurut takaran Anda sendiri.
  2. Kedua, ambil wadah untuk mencampur tepung beras dengan nira. Masukkan gula palem dan garam secukupnya
  3. Lalu, aduk sambil diberi air. Adonan tidak boleh terlalu kental maupun terlalu encer, jadi harus pas konsistensinya
  4. Kemudian, ciduk adonan dengan sendok sayur atau cup dan tuang ke dalam cetakan kaleng.
  5. Selanjutnya, kucurkan adonan yang keluar dari lubang cetakan dalam minyak panas. Pastikan membentuk lingkaran dan menjadi satu
  6. Berikutnya, lipat menjadi empat lalu goreng dengan api sedang.
  7. Setelah kering dan matang, angkat. Ulangi proses ini hingga adonan habis.
  8. Terakhir, sajikan kue rambut di toples dan jadikan camilan kesukaan Anda. (*)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.