Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, menyerahkan bantuan sembako kepada korban bencana angin puting beliung di Kecamatan Kota Raja, Sabtu (16/3/19).

sergap.id, KUPANG – Sebanyak 148 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang pada Sabtu (16/3/19), menerima bantuan uang tunai sebesar Rp 500 ribu sampai Rp 7,5 juta.

Bantuan langsung tersebut diberikan oleh Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore didamping Caleg asal PDIP Dapil Kota Raja yang kini menjabat Ketua DPRD Kota Kupang, Yezkiel Loudoe di Kantor Camat Kota Raja, Sabtu (16/3/19) siang.

“Semoga bantuan ini bisa membantu meringankan beban keluarga yang tertimpa musibah. Saya bersama pak Yezkiel Loudoe akan selalu membantu. Karena ini adalah tugas kami,” kata Jefri.

Pada kesempatan yang sama, Yezkiel mengaku, sebagai wakil rakyat, dirinya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah guna dapat membantu korban yang belum tersentuh bantuan.

“Kalau masih ada kekurangan, nanti kita tambahkan (anggaran bantuan) pada anggaran perubahan, biar semua masyarakat terlayani,” katanya.

Komandan Operasi Penanganan Bencana Angin di Kota Kupang, Mayor Harjito, menjelaskan, jumlah rumah  yang diterjang angin puting beliung di Kota Raja sebanyak 148 rumah, terdiri dari 5 rusak berat, 3 rusak sedang, dan 140 rusak ringan.

Bantuan untuk rumah rusak berat berkisar Rp 5 juta hingga Rp 7 juta. Sementara rumah rusak sedang berkisar Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta, serta rumah rusak ringan Rp 500 ribu sampai Rp 2,5 juta.

“Yang menentukan status rusak ringan, sedang dan berat adalah tim dari BPBD Kota Kupang,” tegasnya.

Menurut Harjito, sejak terjadinya bencana angin kencang di Kota Kupang dan ditetapkan status tanggap darurat, pihaknya langsung membentuk enam tim untuk 6 kecamatan di Kota Kupang guna melakukan pendataan dan verifikasi sesuai laporan masyarakat.

Total rumah yang rusak sebanyak 645 rumah, terdiri dari rumah rusak berat 21 buah, rusak sedang 61 rumah, dan rusak ringan 563 rumah.

“Kami bukan hanya melakukan pendataan, tetapi kami juga melakukan croschek kembali ke lokasi sesuai data yang masuk, sehingga bantuan ini kita berikan sesuai data yang ada,” ujarnya.

Caleg asal PDIP Dapil Kota Raja yang kini menjabat Ketua DPRD Kota Kupang, Yezkiel Loudoe ikut menyerahkan bantuan kepada para korban bencana angin puting beliung di Kantor Camat Kota Raja, Sabtu (16/3/19) siang.

Distribusi bangtuan akan dilakukan hingga tanggal 18 Maret 2019.

“Pembagian bantuan mulai dilakukan hari ini sampai besok. Untuk itu Camat dan Lurah diminta untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa penanganan tetap akan diberikan kepada masyarakat sampai tanggal 18 maret,” tutupnya. (adv/adv)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.