sergap.id, KUPANG – Dalam rangka meningkatkan kapasitas pelayanan publik lewat kerjasama daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang mengadakan rapat bersama pihak ketiga di Hotel On The Rock Kupang, Selasa (3/12/19).

Pihak ketiga yang dimaksud berasal dari unsur BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi, LSM, Koperasi, Perusahaan Pers, dan perusahaan berbadan hukum lainnya.

Kepala Bagian (Kabag) Kerjasama Kota Kupang, Johannes Assan, menjelaskan, tujuan rapat tersebut adalah, pertama, untuk peningkatan kualitas koordinasi dan integrasi perencanaan kerja sama daerah lingkup perangkat daerah Pemkot Kupang.

Kedua, mengoptimalkan pelaksanaan Kerja Sama antar Daerah dan pemahaman terkait regulasi tentang bidang kerja sama.

Ketiga, menyamakan pengetahuan dan pemahaman mengenai esensi, urgensi serta mekanisme kerja sama antar daerah, baik dengan dengan pemerintah daerah lain, maupun dengan lembaga luar negeri.

Empat, mengoptimalkan peran dan fungsi Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) dalam penyelenggaraan Kerja Sama Daerah.

“Dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, maka daerah diberi kewenangan untuk mengadakan kerjasama dengan daerah lain atau lembaga di luar negeri yang didasarkan pada pertimbangan efesiensi dan efektifitas pelayanan public, sinergi dan saling menguntungkan,” kata Assan.

Menurut dia, objek yang dapat dikerjasamakan meliputi seluruh urusan yang menjadi kewenangan daerah otonom sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah.

“Untuk membangun komitmen kerja sama daerah dengan pihak ketiga itu, maka perlu dilaksanakan rapat ini. Tema yang diusung dalam rapat ini adalah peningkatan kapasitas pelayanan publik melalui (lewat) kerja sama daerah dan dihadiri oleh 70 orang yang berasal dari BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi, LSM, Pers, Koperasi dan perusahaan berbadan hukum lainnya,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man, mengatakan, sudah saatnya semua elemen bekerjasama dalam memajukan Kota Kupang sebagai kota cerdas (Smart City). (adv/adv)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.