sergap.id, KUPANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menyiapkan beasiswa bagi anak-anak NTT yang kuliah pada Strata 1 (S1).

Dana yang dialokasikan mencapai Rp 5 miliar. Demikian disampaikan Kepala Biro Kesra Setda Provinsi NTT, Barthol Badar seperti dilansir Pos Kupang, Rabu 12 April 2017.

Menurut Barthol, setiap tahun Pemprov NTT selalu mengalokasikan dana untuk membantu mahasiswa berupa beasiswa. Kuota setiap tahun mencapai 1.000 – 2.000 orang, dan tahun 2017 ini disiapkan untuk 2.500 orang.

“Dana dari pos bantuan sosial ini disiapakan bagi mahasiswa khusus S1. Persyaratannya, yakni mahasiswa yang aktif kuliah, berasal dari keluarga kurang mampu (Petani), memiliki Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 2,75, serta kuliah di dalam wilayah NTT,” tegas Barthol.

Dia menjelaskan, mekanisme pengusulan beasiswa itu melalui permintaan ke Gubernur NTT kemudian akan didisposisikan ke Biro Umum Setda NTT dan Biro Kesra untuk selanjutnya diverifikasi.

“Verifikasi kita itu ada persyaratan, seperti mahasiswa aktif S1 pada perguruan tinggi di NTT, memiliki IPK minimal 2,75, dan berasal dari anak petani. Perlu dilampirkan surat keterangan dari kampus, surat keterangan tidak mampu dari pemerintah kelurahan atau desa, serta kartu keluarga,” jelasnya.

Ia mengaku,setiap mahasiswa yang dinyatakan lolos akan mendapat dana bantuan beasiswa dengan kisaran Rp 3 juta per mahasiswa.

“Kita harapakan mahasiswa yang lolos verifikasi jangan melihat besar atau kecil jumlah yang diberikan, tetapi niat tulus pemerintah dalam memberi dukungan pendidikan bagi generasi penerus bangsa,” imbuhnya. (Dem)

5 COMMENTS

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.