PMI Kota Kupang melaunching bulan dana PMI Tahun 2019 di Aula Sasando Kantor Wali Kota Kupang, Kamis (18/7/19).

sergap.id, KUPANG – Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan, PMI Kota Kupang melaunching bulan dana PMI Tahun 2019 di Aula Sasando Kantor Wali Kota Kupang, Kamis (18/7/19).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Kupang, dr Hermanus Man yang juga Ketua PMI Kota Kupang, serta dihadiri Forkopimda Kota Kupang, Pimpinan Perangkat Daerah, Pimpinan Perbankan, Para General Manager Hotel, para Camat dan Lurah.

Bulan Dana merupakan kegiatan pengumpulan dana oleh PMI yang dilakukan hingga September 2019. Bulan Dana Kota Kupang adalah wujud kontribusi dari masyarakat Kota Kupang yang didukung oleh legalitas atau payung hukum Pemerintah Kota Kupang.

Pelaksanaan Bulan Dana dilakukan secara transparan, akuntabel, efektif dan efisien serta bermanfaat bagi masyarakat.

Legalitas formalnya berupa Surat Ijin Wali Kota Kupang Nomor: 044/Bagian Kesra.452.5/III/2019 tentang Izin Pengumpulan Uang atau Barang dan Keputusan Wali Kota Kupang Nomor: 89/KEP/HK/2019 tentang Pembentukan Panitia Bulan Dana Kemanusiaan PMI Kota Kupang Tahun 2019.

Tujuan Launching Bulan Dana ini adalah pertama; untuk mengumpulkan dana dari seluruh masyarakat untuk membiayai berbagai kegiatan PMI Kota Kupang yang belum terakomodir melalui dana hibah Pemerintah Kota Kupang dan lembaga donor.

Kedua; mengadakan kerjasama dengan instansi, organisasi kemasyarakatan dan dunia usaha untuk mengumpulkan dana.

Ketiga, mengedukasi masyarakat luas untuk selalu peduli dalam menyumbang secara ikhlas dan sukarela terhadap sesama yang membutuhkan pertolongan tanpa membedakan suku, ras, agama dan golongan.

Hermanus Man menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini karena merupakan salah satu bentuk kepedulian kemanusiaan dalam meningkatkan pembangunan kesehatan di Kota Kupang.

Dia menyampaikan bahwa kegiatan Bulan Dana PMI ini dimaksudkan untuk menggalang sumbangan dana masyarakat secara sukarela yang sah menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku dan diharapkan pembangunan kesehatan di Kota Kupang dapat meningkat.

“Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud,” katanya.

Menurutnya, bagi pemerintah daerah, kontribusi dan ketanggapan PMI sangat membesarkan hati, karena PMI senantiasa muncul di saat-saat yang sulit dan kritis dengan membawa bantuan dan dukungan serta memberikan harapan keselamatan bagi masyarakat tanpa membedakan golongan, bangsa, warna kulit, jenis kelamin maupun agama dan kepercayaan.

“Kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh jajaran PMI Kota Kupang, saya atas nama Pemerintah Kota Kupang menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas upaya responsif yang telah dilakukan untuk pelayanan kesehatan di Kota Kupang,” tutupnya. (hms/adv)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.