Mensos, Tri Rismaharini atau Bu Risma didampingi Wabup Lembata, Thomas Ola Langoday, saat mengunjungi korban bencana di Kantor Camat Ile Ape.
Mensos, Tri Rismaharini atau Bu Risma didampingi Wabup Lembata, Thomas Ola Langoday, saat mengunjungi korban bencana Lembata di Kantor Camat Ile Ape.

sergap.id, LEWOLEBA – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini atau Bu Risma, dua kali mengunjungi para korban bencana alam di Pulau Lembata.

Wakil Bupati Kabupaten Lembata, Thomas Ola Langoday, mengatakan, Risma ke Lembata pertama pada tanggal 7 April 2021. Beliau mengunjungi para korban di Posko 1 dan dapur umum yang terletak di aula Kantor Lurah Lewoleba Timur. Sebab di sini ada 57 pengungsi.

Selanjutnya, Risma mengunjungi 151 orang korban bencana di Posko Kantor Camat Ile Ape. Di sini Risma mempersilakan para pengungsi berbicara dan ia mendengarkannya.

“Kerinduan utama para korban adalah mereka mau direlokasi. Dan, ibu Risma menyanggupi dengan berjanji akan segera menyalurkan anggaran relokasi. Ibu Risma juga berjanji dan berkomitmen untuk mencari korban yang hilang sampai ketemu. Ibu Risma juga memberi santunan kepada yang meninggal dan sakit akibat banjir bandang Ile Lewotolok. Pada sore hari, Ibu Risma mengunjungi pengungsi di sekitaran Duli Woho, hamparan kebun pertanian yang menjadi pilihan para korban bencana untuk mengungsi. Setelah itu, beliau kembali,” beber Langoday.

“Dan hari ini, Jumat 9 April 2021, sebelum Bapak Jokowi mengunjungi Lembata, pagi-pagi benar ibu Risma sudah menyeberang dari Larantuka ke Lembata setelah semalam menginap di Susteran PRR Lebao. Ibu Risma dan Romo Arnoldus Guna Koten PR meminta saya mendampingi mereka mengunjungi para pengungsi di tiga titik, yaitu Kalabahi, Walang dan Parek. Pada ketiga tempat ini ibu Risma menjanjikan membangun rumah bagi warga terdampak di tempat baru. Beliau akan membangun waduk sebanyak-banyaknya sepanjang masyarakat membutuhkan. Beliau akan menyumbangkan ternak sapi sebagai modal awal para petani peternak. Pada kesempatan ini, ibu Risma juga memberikan santunan kepada dua orang alih waris keluarga yang meninggal karena bencana banjir bandang Ile Lewotolok,” kata Langoday.

Kepedulian dan kecintaan Bu Risma kepada para korban bencana banjir bandang ini, membuat ia dielu-elukan oleh masyarakat Lembata.

“Ibu Risma jatuh cinta dengan masyarakat Lembata. Karena apa yang dijanjikan oleh Ibu Risma, siangnya presiden Jokowi menggenapinya. Presiden meminta Gubernur NTT dan Pemda LEMBATA mencari lokasi baru untuk relokasi warga. Semua biaya menjadi tanggungan negara. Hari ini, negara benar-benar hadir di tanah Lembata,” pungkasnya. (ras/ras)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here