Banjir di Desa Motaulun, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Rabu (28/2/18) malam.

sergap.id, MOTAAIN – Curah hujan di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dan Timor Tengah Selatan (TTS) terus meningkat dalam sepekan terakhir. Akibatnya sungai Benanain yang berada di Kabupaten Malaka meluap dan menggenangi rumah warga.

Akibat banjir kiriman itu, warga Desa Motaain dan Desa Motaulun, Kecamatan Barat, Malaka, terjebak banjir dan tidak bisa mengungsi.

Kepala Desa Motaain, Salomon Leki, via telpon selulernya, menjelaskan, ketinggian banjir kini telah mencapai hampir dua meter. Warga hanya berdiam diri di dalam rumah panggung dan di di atas loteng rumah menunggu evakuasi. Namun akses ke dua desa itu lumpuh.

Leki meminta bantuan  wartawan untuk berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka atau dinas terkait untuk mengevakuasi warganya. “Tolong pak,” pinta Leki saat dihubungi wartawan pada pukul 20 .00 Wita, Rabu (28/2/18).

Kepala Desa Motaulun, Andreas Klau,  juga melalui telpon selulernya, mengatakan, banjir mulai menggenangi rumah warga dan lahan pertanian milik masyarakat sejak pukul 20.00 wita.

“Bersama beberapa warga kami memantau langsung ke tanggul di dusun Lookmi yang menjadi titik luapan banjir Benenain. Dimana Ketinggian banjir melampaui tanggul sehingga meluap ke pemukiman masyarakat Desa Motaain dan Motaulun,” paparnya.

“Ketinggian banjir mencapai lutut orang dewasa dan di khawatirkan ketinggian banjir akan semakin bertambah karena tingginya curah hujan yang terjadi di TTU dan TTS beberapa hari terakhir ini,” katanya.

“Saya sudah menghimbau kepada masyarakat agar mengamankan barang-barang berharga serta tidak meninggalkan rumah hingga ada koordinasi untuk evakuasi,” tutupnya.

Camat Malaka Barat, Efraim Bria Seran, mengaku, dirinya sudah mendapat laporan dari kepala Desa Motaulun dan Motaain.

“Rumah warga digenang banjir dengan ketinggian sudah mencapai lutut orang dewasa hingga sekitar 1,5 meter, sedangkan di Desa Motaain ketinggian air sudah mencapai 2 meter,” ujarnya.

Efraim juga menghimbau warga agar segera mengamankan diri serta barang berharga, dan tetap berada di sekitar rumah hingga tim evakuasi datang.

Banjir di Desa Motaulun, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Rabu (28/2/18) malam.

Sebelumnya, Senin (29/1/18) dini hari, sekitar pukul 04.00 wita, sungai Benanain meluap dan membuat pemukiman warga di dua kecamatan di Kabupaten Malaka terendam banjir.

Selain Dusun Weibun dan Dusun Laen Au, Desa Forekmodok, Kecamatan Weliman, banjir setinggi satu meter lebih juga menggenangi 4 dusun di Desa Motaain, Kecamatan Malaka Barat, yakni Dusun Debukametan, Dusun Derok Laran, Dusun Sukaer Laku dan Dusun Laen Morin.‎ (sel/sel)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.