kole Walan
Dua penari Kole Walan saat tampil di puncak acara Eksplorasi Budaya Lembata di Lapangan Harnus Lewoleba, 7 Maret 2022.

sergap.id, KUPANG – Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek, Hilmar Farid, akan melakukan kunjungan kerja ke 3 kabupaten di NTT, yakni Lembata, Flores Timur (Flotim) dan Sikka.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Kebudayaan Kabupaten Lembata, Markus Labi Waleng, mengatakan, Dirjen akan tiba di Lembata pada Kamis 24 Maret 2022.

Di Lembata, Dirjen akan meninjau kota tua Hadakewa, selanjutnya dialog bersama Bupati Lembata Thomas Ola dan 10 komunitas adat serta meniklati pentas budaya dan presentasi atau Tobo Baung dalam bahasa lokal di Teluk Waienga.

Pada Jumat 25 Maret 2022, Dirjen akan mengunjungi objek wisata di Jontona dan Lamalera.

Dan, sesuai jadwal yang diterima SERGAP pada Sabtu (19/3/22), Dirjen akan bertolak ke Pulau Adonara, Kabupaten Flotim pada tanggal 26 Maret 2022.

Disana Dirjen akan mengunjungi kampung adat Lamahelan (Helanlangowuyo) di Kecamatan Ile Boleng, selanjutnya bertemu komunitas anak muda Adonara di Desa Bele.

Dari situ, Dirjen akan ke Larantuka, ibukota Flotim, guna melihat dari dekat Kampung Adat Lewokluok dan bertemu dengan komunitas tenun dan pembuatan makanan tradisional dari bahan kacang kacangan dan Sorgum.

Setelah itu Dirjen menuju Kampung Adat Mudakeputu guna bertemu dengan pemangku adat  Baipito (7 lewo)  di balai adat  Mudakeputu dan pertemuan dengan komunitas dan NGO se-Larantuka serta Tim Perumus PPKD Flotim di SimpaSio Institute, Larantuka.

Keesokan harinya atau tanggal 27 Maret 2022, Dirjen menuju Maumere, ibukota Sikka. Disana Dirjen akan berziarah ke makam Suster Esto (Suster Eustochia Monika Nata, SSpS), seorang pejuang kemanusiaan Flores, di Pekuburan Kongregasi Para Suster Abdi Roh Kudus (SSpS) di Wairkoja, Kecamatan Kangae.

Selanjutnya Dirjen akan mengunjungi Museum Bikon Blewut dan dialog dengan komunitas mahasiswa STFT Ledalero, serta mengikuti pertemuan dengan komunitas anak muda Maumere, NGO se-Maumere, Tim Fasilitator PRESISI (Program dari Dit PPK) Maumere, dan Tim Perumus PPKD Sikka di SIKKA Convention Center (SCC).

Dirjen akan kembali ke Jakarta pada tanggal 28 Maret 2022. (sp/sp)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here