JRK saat berada di rumah Oma Siti, Rabu (26/2/20).

sergap.id, KUPANG – Memprihatinkan! Begitulah keadaan rumah yang ditempati Benyamin Yasin dan Siti Abdulah. Bangunannya nyaris roboh, atapnya bolong-bolong, berlantai tanah. Kondisinya jauh dari layak dan sehat. Tak sedikit warga sekitar menyebutnya gubuk reot.

Rumah Opa Benyamin terletak di RT 016, sedangkan rumah Oma Siti berada di Rt 017, Kelurahan Penfui, Kota Kupang.

Kini kedua opa oma (kakek nenek) itu sudah berstatus duda dan janda. Keseharian mereka hanya ditemani cucu masing-masing.

Selama ini mereka hidup dalam kondisi yang serba berkekurangan. Itu alasannya mengapa mereka tak mampu memperbaiki rumah yang mereka tinggali.

Beruntung kesusahan mereka diketahui oleh Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore (JRK). Itu sebabnya, Rabu (26/2/20) siang, JRK mendatangi kediaman mereka.

JRK disambut isak tangis haru dari kedua orang tua itu. Mereka tak menyangka akan didatangi JRK.

Kepada Opa Benyamin dan Oma Siti, JRK berjanji akan segera merehab rumah mereka.

“Saya akan perintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kupang untuk segera membedah rumah dua orang yang sangat membutuhkan bantuan ini,” tegas JRK.

Menurut Jeriko, waktu yang diberikan untuk membedah rumah paling lama tiga minggu.

“Kita lihat bedah rumah di Jawa itu hanya butuh waktu 2 sampai 3 hari. Nah saya akan perintahkan Dinas PUPR untuk segera turun, kalau perlu besok sudah mulai bergerak. Paling lambat 3 minggu ke depan saya turun (datang) cek lagi,” katanya.

Bedah rumah merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kota Kupang . Karena itu, terkait urusan administrasi bedah rumah Opa Benyamin dan Oma Siti, JRK menugaskan Lurah Penfui, Fransisko Dugis, untuk menyelesaikannya.

“Pak Lurah ini harus jadi prioritas, segera lakukan kelengkapan administrasi. Saya tidak mau tahu, harus segera ditindaklanjuti, kasihan masyarakat, mereka sangat membutuhkan bantuan bedah rumah ini,” ujar JRK yang langsung disanggupi Fransisko.

“Jika ada kendala, segera laporkan,” pungkas JRK yang kembali disanggupi Fransisko.

Kepada JRK, Oma Siti menceritakan semua kesusahaan yang selama ini ia alami. Ia berharap janji JRK ditepati.

“Kalau memang ada bantuan bedah rumah, bapak Wali Kota tolong bantu kami,” ucap Oma Siti dalam linangan air mata.

JRK saat berada di rumah Opa Benyamin, Rabu (26/2/20).

Sementara Opa Benyamin menyampaikan terima kasih kepada JRK.

“Terima kasih bapak Wali Kota sudah datang di gubuk saya ini. Semoga Bapa Wali panjang umur dan sehat selalu sehingga bisa terus melayani masyarakat,” ujarnya.

Saat mengunjungi Opa Benyamin dan Oma Siti, JRK didampingi Lurah Penfui, Ketua RT 016 Sia Kehi, dan Babinsa Penfui. (wr/rd)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.