El Yohanis Asamau sedang berada di ruang isolasi RSUD W.Z. Yohanes Kupang.

sergap.id, KUPANG – El Yohanis Asamau, seorang PNS asal Kabupaten Alor, Provinsi  NTT, menjadi orang pertama di NTT yang positif terjangkit virus corona atau Covid-19.

El mengumumkan hasil test swabnya melalui akun YouTube pribadinya pada Jumat (10/4/20) dini hari.

Dalam video berdurasi 18 menit 45 detik, pria yang kini sedang menjalani isolasi medis di RSUD W.Z. Yohanes Kupang itu, menceritakan kronologi hingga ia diketahui terpapar virus corona.

Dia mengaku, saat ini kondisi kesehatannya baik-baik saja dan tidak menunjukan gejala sakit seperti pasien lainnya yang sering batuk, pilek dan sesak napas.

El hanya merasa badannya sedikit meriang.

Ia berterima kasih kepada para dokter dan petugas medis lainnya yang telah merawatnya dengan tulus dan profesional.

Saat ini sebenarnya El sedang melanjutkan pendidikan di Yogyakarta. Ia berangkat dari Alor dan tiba di Yogyakarta pada 1 Maret 2020. Seminggu kemudian, ia bersama sejumlah teman kuliahnya dipanggil untuk mengikuti kegiatan di Jakarta mulai tanggal 9 sampai 13 Maret 2020.

“Saya terpapar di sana,” ungkapnya.

Tetapi, kata El, dirinya tidak merasakan sakit seperti penderita corona pada umumnya. Dia hanya merasa meriang dan badan terasa pegal.

Usai kegiatan di Jakarta, ia dan mahasiswa lainnya diminta untuk kuliah secara online. El pun memutuskan kembali ke Kupang. Namun ia sempat singgah di Bali untuk mengunjungi saudaranya pada 18 Maret 2020.

Baru pada tanggal 22 Maret 2020, El ke Kupang. Tiba di rumahnya, El kemudian mengisolasi diri di dalam kamar sesuai dengan petunjuk pemerintah, meski kondisi tubuhnya tidak sakit.

Selama karantina mandiri di rumahnya di Kupang, dia tetap menjaga jarak dengan istrinya dan anak-anaknya.

Pada tanggal 26 Maret 2020, El mendengar kabar bahwa seorang temannya yang mengikuti kegiatan di Jakarta, masuk kriteria pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 dan dinyatakan positif.

Mendengar hal itu, keesokan harinya, El berinisiatif ke RSUD WZ Johannes untuk memeriksa kondisi tubuhnya.

Tanggal 9 April 2020 hasil swab mengatakan El positif mengidap virus corona. Ia pun langsung diisolasi di RSUD W.Z. Yohanes Kupang.

“Saya dinyatakan sebagai orang pertama di NTT yang positif corona,” katanya.

Di akhir pengakuannya, El meminta doa dan dukungan masyarakat agar ia cepat sembuh. (sil/sil)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.