Acara pelepasan peziarah Semana Santa di Aula Lantai I Kantor Bupati Belu, Selasa (27/3/2018).

sergap.id, ATAMBUA – Sekda Belu, Petrus Bere meminta para peziarah Semana Santa Larantuka, Kabupaten Flores Timur untuk tidak lupa mendoakan Kabupaten Belu agar menjadi Kabupaten yang maju dan mandiri.

Hal ini disampaikan Bere saat melepas 170 orang peziarah Semana Santa asal Belu di Aula Lantai I Kantor Bupati Belu, Selasa (27/3/2018).

“Pemda Belu menitipkan doa untuk mendoakan Kabupaten Belu dan semua masalah yang ada di sini. Semoga semua masalah cepat terselesaikan dan doa bapa-ibu bisa membawa Kabupaten Belu semakin baik ke depan,” ucapnya.

Semana Santa berasal dari dua kata, Semana : pekan dan Santa : suci. Pekan Suci ini dilakukan dalam satu rangkaian panjang, mulai dari Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci hingga Minggu Paskah.

Prosesi Semana Santa ini merupakan sebuah prosesi agama sekaligus prosesi adat dimana mereka yang berperan dalam perayaan ini adalah suku – suku yang telah ditetapkan sejak dulu kala.

Suku – suku yang bertugas adalah Suku Kabelen, Suku Lewai, Suku Raja Ama Koten (Diaz Viera Da Godinho), Suku Kea Alyandu, Suku Ama Kelen De Rosary, Suku Maran, Suku Sau Diaz, Suku Riberu Da Gomes, Suku Lamuri, Suku Mulowato, Suku Lewerang dan suku Kapitan Jentera.

“Semoga semangat Semana Santa bisa merubah hidup kita dan membawa berkat bagi kita semua,” ucap Sedka Bere.

Para ziarah asal Belu akan berangkat pukul 05.00 Wita dari Lapangan Umum Atambua menuju Kupang selanjutnya menuju Larantuka menggunakan kapal feri yang telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT, yakni KMP Sirung dan KMP Uma Kalada.

Prosesi Semana Santa Larantuka.

Seluruh biaya transportasi dan fasilitas selama mengikuti ziarah Semana Santa di Larantuka ditanggung oleh Pemda Belu.

Rombongan akan kembali ke Atambua pada Minggu 1 April 2018, sekitar pukul 14.00 Wita menggunakan kapal yang sama.

“Selamat melaksanakan ziarah iman. Semoga ada sesuatu yang bisa kita bawa pulang,” ujar Bere. (ric/ric)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.