Menpan RB, Tjahjo Kumolo
Menpan RB, Tjahjo Kumolo.

sergap.id, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, menyebut, ada lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi lulusan SMA, salah satunya adalah sipir penjara.

“Untuk SMA itu spesifik. Misal untuk sipir penjaga tahanan atau penjaga rutan. Itu tidak perlu keahlian yang khusus,” ujar Tjahjo seperti dikutip dari video yang dibagikannya pada Kamis (18/3/2021).

Salah satu kementerian yang menerima lulusan SMA sederajat adalah Kemenkumham.  Tahun 2019 lalu, jumlah lowongannya mencapai 3.532 formasi, dengan rincian lowongan untuk sipir atau penjaga tahanan sebanyak 2.875 formasi dan untuk pemeriksa keimigrasian pelaksana/Pemula disediakan 657 formasi.

Kementerian/lembaga lain yang pada 2019 juga membuka lowongan bagi lulusan SMA sederajat antara lain Kejaksaan Agung, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Pertanian, BIN, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain lowongan jalur umum, lulusan SMA juga bisa menjadi CPNS melalui seleksi sekolah kedinasan. Adapun kementerian/lembaga yang biasanya melakukan seleksi sekolah kedinasan antara lain Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). (pel/pel)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here