Sheila Putri Haryono
Foto: dokumen SMP Katolik Santo Yoseph (SPEKSANYO) Naikoten Kota Kupang.

sergap.id, KUPANG – Dua pelajar SMP, yakni Sheila Putri Haryono, siswi kelas 9 SMP Katolik Santo Yoseph (SPEKSANYO) Naikoten Kota Kupang, dan salah satu siswa SMP Katolik Sint Vianney, Soe, Timor Tengah Selatan (TTS) akan mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam Kompetisi Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) tahun 2021

Keduanya dinyatakan lolos seleksi berdasarkan surat Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi nomor 2322/J3/DM.01.03/2021 tentang Penetapan Peserta KOPSI Jenjang SMP 2021.

Kedua pelajar yang tengah mengenyam pendidikan di sekolah milik Yayasan Swastisari Keuskupan Agung Kupang ini menyatakan siap mengikuti ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sheila dinyatakan lolos seleksi setelah bulan Mei kemarin mengirim hasil penelitian dan tulisannya berjudul; “Youtube Sebagai Media Belajar Kreatif di Era Pandemi”.

Sheila mengaku siap mempresentasikan hasil penelitiannya di final yang akan digelar pada November mendatang.

“Saya senang karena bisa diberi kesempatan ke tingkat nasional, terima kasih Bapak Ibu Guru dan orang tua”, ungkap putri pasangan Johan Adisaputro Haryono dan Maria Bernadette Yuni itu.

Kepala Speksanyo Naikoten Kota Kupang, Romo Fransiscus Amandus Oe Ninu, Pr, S.Fil, mengaku bangga atas raihan prestasi siswinya.

“Saya bangga dan gembira karena prestasi anak ini, ini tanda bahwa mereka tekun belajar, membaca, bahkan meneliti dan menulis”, ucapnya.

“Dengan Prestasi Sheila ini, berarti sudah tiga kali SMP Katolik Santo Yoseph Naikoten lolos Olimpiade Penelitian Siswa Nasional dan mewakili NTT,” ujar Pastor yang akrab disapa Romo Amance tersebut.

Rasa bangga juga disampaikan Frater Gregorio Antonio Kanaf, guru pembimbing Sheila.

KOPSI adalah even bergengsi tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nasional.

KOPSI sendiri dibagi dalam tiga bidang lomba, yakni Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni dan Kemanusiaan, serta bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

SMP Katolik Santo Yoseph Naikoten Kota Kupang sudah tiga kali mengikuti ajang ini di tingkat nasional dengan prestasi tahun 2017 meraih medali perunggu, tahun 2019 sebagai finalis, dan tahun 2021 ini kembali mengirim satu siswinya.

“Semoga dengan mengikuti even bergengsi ini, sekolah-sekolah, teristimewa anak-anak NTT dapat meningkatkan kemampuan membaca, meneliti, dan menulis demi masa depan. Proficiat SPEKSANYO. NTT BISA!”. (nes/nes)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here