Acara pelantikan Filmon Lulupoi sebagai Kadis Pendidikan dan Orson Nawa sebagai Kadis Perikanan, Rabu (31/5/17).

sergap.id, KUPANG – Walikota Kupang, Jonas Salean, melantik dua Pejabat Eselon II Kota Kupang, yakni Filmon Lulupoi menjadi Kadis Pendidikan dan Orson Nawa sebagai Kadis Perikanan.

Acara pelantikan yang dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Kupang Marthinus Medah, Sekda Kota Kupang Bernadus Benu, sejumlah pimpinan OPD, Camat dan Lurah itu dilaksanakan di Lantai I Kantor Walikota Kupang, Rabu (31/5/17) sekira pukul 09.00 Wita.

Dalam sambutannya, Jonas Salean, mengatakan, pelantikan Filmon dan Orson sesungguhnya melanggar Undang – Undang Nomor 10 tahun 2016.

Sebab masa jabatannya sebagai Walikota akan berakhir pada 1 Agustus 2017 atau kurang dari 6 bulan dan dilarang mengangkat, memutasi atau melantik pejabat eselon.

Namun karena kebutuhan mendesak, terutama jabatan Kadis Pendidikan, akhirnya Jonas bersurat ke Mendagri dan direstui untuk mengisi kekosongan jabatan Kadis Pendidikan dan Perikanan itu.

Menurut Jonas, keberadaan kedua kadis tersebut sangat dibutuhkan, seiring banyaknya kepentingan yang harus ditandatangani, seperi ijasah lulusan Ujian Nasional (UN) tahun 2017 tingkat SD dan SMP, serta pengesahan sejumlah program yang dikelola oleh dinas terkait.

Setelah mendapat restu dari Kemendagri, maka Pemkot melakukan lelang jabatan, dan hasil dari lelang itu, muncul dua nama yang mengemuka, yaitu Orson Nawa dan Filmon Lulupoi.

Pemkot lantas mengirim kembali kedua nama calon kadis tersebut ke Mendagri untuk meminta persetujuan pelantikan.

“Kemendagri sejutu lewat surat Mendagri Nomor 824.405/Otdha, tanggal 26 Mei 2017, tentang ijin seleksi pejabat pratama di Kota Kupang, maka sebagai Walikota, saya melantik kedua pejabat ini,” kata Jonas.

“Jadi…, pelantikan ini bukan asal-asalan, tetapi melalui prosedur. Kami hanya ingin melancarkan pelayanan kepada masyarakat, mengingat keberadaan kadis untuk kedua OPD tersebut sangat penting,” tegas Jonas.

Pada kesempatan yang sama, Jonas juga melantik para Direksi PD. Pasar. (Dem)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.