sergap.id, KUPANG – Pemerintah Kota Kupang menggelar kegiatan Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata Tahun 2019 di Aula Hotel Naka Kupang, Jumat (29/11/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten I Tata Pemerintahan, Yos Rera Beka, dan diikuti 20 orang pelaku usaha dan pemilik hotel di Kota Kupang.

Kegiatan tersebut bertujuan agar pelaku usaha jasa perhotelan dapat mengetahui dan memahami pentingnya pelaksanaan sertifikasi usaha jasa yang saat ini tengah dijalani.

Tampak hadir antara lain Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Yanuar Dally.

Dalam sambutannya, Yos Rera Beka, menjelaskan, hotel merupakan salah satu pilar dari upaya pengembangan pariwisata.

“Agar pariwisata ini berkembang baik sesuai dengan apa yang digalakkan oleh Pemerintah Pusat maupun pemerintah provinsi, maka perhotelan menjadi hal yang paling pokok dalam kaitan dengan pengembangan pariwisata,” tegasnya.

Oleh karena itu, menurut Rera Beka, sosialisasi peningkatan peran masyarakat dalam pariwisata memiliki dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Kota Kupang kedepan.

Rera Beka berharap kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman secara mendalam kepada semua pengusaha hotel.

“Bagaimana upaya kita sehingga dari 11 hotel yang sudah melakukan sertifikasi bisa bertambah minimal 20 sampai 30 dalam satu tahun, sehingga memiliki nilai yang baik,” ujarnya.

Rera Beka juga menyampaikan terimakasih kepada semua pengusaha hotel yang hadir dalam kegiatan itu.

“Karena keberhasilan pariwisata saat ini tergantung dari usaha perhotelan. Saya harap ke depan dapat terjalin kerja sama dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pariwisata Kota Kupang dengan para pengusaha hotel sehingga nantinya akan ada hunian-hunian hotel yang mempunyai nilai tinggi,” ucapnya, berharap.

Rera Beka meminta pemilik hotel untuk terus berusaha sekaligus membenahi fasilitas dan manajemen serta meningkatkann sumber daya manusia demi peningkatan pelayanan hotel masing-masing.

Sebelumnya, Pemkot Kupang juga menyelenggarakan pelatihan manajemen penginapan bagi pemilik homstay selama tiga hari mulai tanggal 13 sampai 15 November 2019.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man. (ed/ed)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.