Larrita (kiri), wisatawan dari Swiss didampingi pemandu horse trekking sekaligus pemilik Mbolata Cottage, Fransisco Huik De Rosari (kanan) mengeliling Kota Waelengga menuju ke Padang Sabana Teleng di Kabupaten Manggarai Timur.

sergap.id, BORONG – Bagi orang benua Eropa, Provinsi NTT adalah surganya dunia. 1001 macam wisata ada di sini. Termasuk 111 obyek wisata yang ada di Kabupaten Manggarai Timur.

Di antaranya ada Pantai Watukodi, Pantai Nanga Rawa, Padang Sabana Mausui di Kecamatan Kota Komba dan Pantai Mbolata. Tak sedikit bule-bule yang berkunjung ke kawasan ini hanya untuk menikmati indahnya alam NTT.

Jika berkesempatan, coba anda susuri bentang alam di sisi selatan Manggarai Timur, mulai dari Kelurahan Watu Nggene, Desa Bamo hingga ke Kelurahan Tana Rata. Dijamin tidaklah membuang waktu, melainkan menikmati keindahan alam yang disuguhkan bagi pencinta alam dan petualang.

Selama ini bentang alam pesisir Pantai dari Pantai Mbolata sampai di Pantai Nanga Rawa hanya dinikmati oleh penggembala ternak sapi, kerbau dan kambing. Mengapa? Padang savana yang terbentang dari Mausui sampai di Watukodi, Nanga Rawa merupakan tempat pelepasliaran ratusan hewan milik warga setempat.

Kuda-kuda berlarian di Padang Sabana Mausui, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur.

Padang ini berada di bawah Gunung Komba. Pagi dan sore, kita bisa menikmati ratusan ternak sapi dan kerbau yang dilepasliarkan secara berkelompok oleh pemiliknya. Bahkan, Padang Savana ini menjadi tempat pemeliharaan sapi dan kerbau, kuda oleh masyarakat setempat secara mandiri dan berkelompok-kelompok.

Ombak di pesisiri pantai yang dimulai dari Pantai Pasir Putih Mausui sampai di Nangarawa sudah memberikan keindahan. Bahkan bawah lautnya yang berada di kawasan itu sangat waowww. Nelayan sendiri sering menyelam untuk menangkap gurita atau binatang laut lainnya.

Wisatawan mancanegara di Pantai Mbolata yang berada di Kabupaten Manggarai Timur.

Salah satu tempat yang selalu dikunjungi wisatawan asing dan domestik adalah Pantai Mbolata dengan Mbolata Cottages yang bernuansa alam dan rumah adat masyarakat setempat yang disebut Eco Cottages.

Sesuai data Pemkab Manggarai Timur, jumlah keseluruhan destinasi wisata di Manggarai Timur adalah 111. Itu belum termasuk wisata gaib dan belukar. (AD/KCM)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.