Di Kota Kupang, bunga Sepe selalu mekar di bulan November dan Desember.

sergap.id, KUPANG – Sepe atau Flamboyan memiliki nama Latin Delonix Regia. Sepe merupakan nama pohon Flamboyan yang diberikan masyarakat Kota kupang. Keindahan bunga pohon ini hanya dapat dilihat pada bulan November dan Desember di Kota Kupang.

Karena itu, Dinas Pariwsisata Kota Kupang menetapkan Sepe sebagai ikon wisata baru di Kota Kupang.

Penetapan ini disosialisasikan melalui Festival Sepe yang diselenggarakan pada 30 November hingga 4 Desember 2019.

“Festival ini mengajak kita untuk memahami dan melihat keindahan Kota Kupang di bulan November dan Desember. Sepe merupakan tanaman unik yang memilik daya tarik tersendiri,” ujar Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore saat membuka pegelaran Festival Sepe, Sabtu, (30/11/19), di lapangan Balai Kota Kupang.

Dengan adanya festival tersebut, menurutnya, warga juga bisa ikut terlibat memperkenalkan tanaman Sepe sebagai tanaman khas Kota Kupang.

“Kedepan, pelaksanaan festival ini harus lebih baik lagi, karena kegiatan ini memberikan semangat positif bagi pelestarian lingkungan agar wajah Kota Kupang tetap terlihat cantik dan eksotis,” ucap Jefri.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Yanuar Dally, menegaskan, tujuan festival adalah memperkenalkan Sepe sebagai tanaman endemik Kota Kupang yang layak untuk dinikmati keindahannya.

“Pohon Sepe ini adalah ikon wisata baru khas Kota Kupang,” kata Yanuar.

Yanuar menjelaskan, Festival Sepe bukan hanya sebagai ajang memperkenalkan dan mempromosikan keindahan Sepe, tapi juga sebagai wadah pengetahuan bagi masyarakat atau wisatawan yang ingin tahu lebih detail tentang apa itu Pohon Sepe.

Pelaksanaan Festival Sepe kali ini dilengkapi juga dengan lomba Drum Band, Public Speaking, dan pidato berbahasa inggris bagi pelajar Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pemberian hadiah lomba dalam Festival Sepe tahun 2019.

Sementara Lomba Bercerita (Story Telling) diikuti pelajar TK hingga Mahasiswa.

Sedangkan lomba foto pariwisata dan lomba lukis diikuti peserta umum, serta lomba aksesoris Sepe diikuti oleh penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se Kota Kupang. (adv/adv)

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.