Plasa Telkom Kupang.

sergap.id, KUPANG – Senin (20/1/2020) pagi hingga siang, para pengguna IndiHome terlihat berjubel di Plasa Telkom yang terletak di jalan Urip Sumohardjo, Nomor 11 – 13, Merdeka, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang.

Kedatangan konsumen PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom yang diperkirakan mencapai ribuan orang itu untuk menyampaikan komplain akibat tagihan Indonesia Digital HOME atau IndiHome yang tiba-tiba membengkak tanpa alasan yang jelas.

Ino, salah seorang konsumen IndiHOME, mengatakan, dirinya sangat kecewa dengan layanan Telkom. Sebab hampir setiap bulan, tagihan IndiHomenya terus mengalami peningkatan. Padahal yang dipakai hanya internet (Wifi) dan TV bawaan IndiHOME.

“Awalnya saya ditelepon oleh perempuan-perempuan bersuara lembut yang mengaku berasal dari layanan konsumen Indhihome. Mereka pakai nomor telepon 021 1500755. Mereka menwarkan saya beberapa layanan baru dari IndiHome. Saya menolak. Tapi keesokannya, mereka hubungi saya lagi. Saya kembali menolak. Tapi mereka kembali hubungi saya. Begitu terus menerus. Sampai saya jengkel dan matikan HP ketika mereka hubungi saya,” beber Ino kepada SERGAp di Plasa Telkom Kupang, Senin (20/1/20) sore.

Plasa Telkom Kupang, Senin (20/1/20).

Menurut Ino, setelah dihubungi petugas itu, tiba-tiba tagihan IndiHomenya membengkak. Awalnya hanya Rp 390 ribu, tiba-tiba meningkat menjadi Rp 601 ribu.

“Karena itu saya datang tanya di Plasa sini. Kenapa bisa begitu? Tapi karena ribuan orang yang datang komplain dan antriannya sangat panjang, akhirnya saya tidak kebagian jatah untuk bertemu petugas Telkom,” ujarnya.

Kata Ino, sebelum ke Plasa Telkom, dirinya sempat mendatangi Kantor Telkom Kupang yang berlokasi di jalan WJ Lalamentik.

“Tapi di sana katanya tidak melayani keluhan konsumen,” ucapnya.

Ino mengaku dirinya sangat dirugikan oleh Telkom. Sebab tanpa sosialisasi, Telkom secara sepihak menaikan tagihan IndiHOME.

“Ini perampokan namanya. Jangan karena kita butuh Wifi, lantas tagihannya dinaikan seenak perut. Saya berharap Menteri BUMN (Erick Thohir) segera perhatikan ini. Libas segera para perampok di Telkom,” tohoknya.

Plasa Telkom Kupang, Senin (20/1/20).

Hal yang sama disampaikan konsumen IndiHOME lainnya yang ditemui SERGAP secara terpisah di Plasa Telkom Kupang.

“Beta (saya) datang mau protes ini tagihan. Kok tiba-tiba naik? Pak bayangkan saja, kalau per konsumen diperas Rp 100 ribu, berapa duit yang Telkom rampok dari masyarakat? Ini tindakan ilegal. Karena tagihan ini dinaikan secara sepihak oleh Telkom atau tanpa persetujuan konsumen,” ujar Yohana, wanita berseragam ASN yang mengaku telah dua tahun berlangganan IndhiHOME.

Kata Yohana, setelah bertemu petugas Telkom, dirinya diberi penjelasan bahwa meningkatnya tagihan tersebut akibat penggunaan layanan televisi berbayar.

“Padahal sejak dua bulan lalu, kami tidak pakai TV. Karena kami belum beli yang baru. TV lama rusak karena listrik mati hidup,” terangnya.

Parkiran Plasa Telkom Kupang, Senin (20/1/20).

Karena tidak puas dengan penjelasan petugas Telkom, Yohana akhirnya memutuskan untuk berhenti berlangganan IndiHOME.

“Beta barenti. Lebih baik beta langganan Hallo Telkomsel saja. Murah tapi kualitas layanan sama dengan IndiHOME, bahkan lebih. Karena bisa dibawa kemana-mana,” pungkasnya. (ul/cis)

11 COMMENTS

  1. Saya juga mas baru dua bulan pasang kemarin 345 ribu sekarang tagihan bulan septeber jadi 455300 mohon pihak indihom di konvermasi

  2. Saya Langan bayar dari bulan 1 Ampe 8 tiba tiba naik ke 360 ribu padahal langangan 250 ribu aja knp ini Indihome klo GK mampu jangan rampok la

  3. Sama sy juga wilayah Elang Sambiroto,awal pasang tagihan 300rb,uda 2 bulan ini tagihan naik jd 418rb.
    Harusnya ada pemberitahuan dulu dr pihak indihome.
    Karena sy merasa tdk di telp untuk ganti paket internet.
    Laporanya kemana ini???

  4. Iya saya juga pakek yang patet 280.000 sekarang jadi 388.000 kok naik banyak amat adehhh ini mah rampok online 🙁

  5. Mau tanya kalau denda telat 2(dua) hari berapa ? Soalnya tadi pas saya bayar kok tagihan naik menjadi 340.000 padahal saya pakai paketnya 280.000/bulan . Mohon kejelasannya

  6. saya juga pake indihome cabang bogor. katanya pembayaran Flat. ternyata udah 2 bulan tagihan saya naik . biasanya per bulan hanya 530rb an sekarang menjadi 712rb an. paraaaah…..Indihome. kalo sampai 3 bulan berturut naik. saya mau berhenti. banyak kok Tawaran dari yg lain.

KOMENTAR SESUAI TOPIK DI ATAS

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.